Share

SITUBONDO – Pohon mangga yang berada di jalan di Kampung Kota Timur, RT/RW : 02/04, Desa/Kecamatan Besuki, Situbondo tumbang, Minggu (1/5/2022). Peristiwa tersebut terjadi akibat guyuran hujan deras, sehingga batang pohon tidak kuat menahan beban hingga akhirnya tumbang.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Pusdalops BPBD, Situbondo, Puriyono mengatakan, akibat kejadian itu becak milik Sirun (48), warga Maduran, Kecamatan Besuki dan pos kamling yang berada di lokasi rusak akibat tertimpa pohon tersebut. “Kondisi becak dan pos kamling mengalami kerusakan dibeberapa bagian,” ujarnya.

Lebih lanjut, Puriyono menambahkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. “Kecamatan Besuki dan sekitarnya memang diguyur hujan sejak pagi hari. Pohon mangga yang roboh itu berada lokasi berada di depan rumah Sugianto, warga setempat,” tukasnya.

Baca Juga : Gubernur Jatim Beri Santunan Anak Yatim dan Bantuan bagi 100 Pelaku Usaha di Situbondo

Lebih lanjut, Puriyono menyampaikan, mengetahui informasi tersebut Personel BPBD Situbondo, Damkar, Tagana, Satpol PP, Polsek dan Koramil Basuki mendatangi lokasi kejadian. Dengan dibantu oleh warga setempat, mereka bahu-membahu memotong dan mengevakuasi batang pohon.

“Kita memotong batang pohon mangga itu dengan menggunakan gergaji mesin dan beberapa peralatan milik Damkar. Sekitar pukul 13.35 WIB penanganan pohon tumbang selesai kita lakukan,” bebernya.

Lebih jauh, Puriyono menambahkan, beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian itu. “Untuk kerugian materil sedang kita hitung. Sebab ada becak milik Sirun yang mengalami kerusakan karena tertimpa pohon,” tutupnya. (Ozi).