Share

SITUBONDO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Bagian Kesra Setdakab Situbondo mengadakan kegiatan sosialisasi pelatihan ilmu falakiyah yang diikuti puluhan pengurus dan anggota Dewan Masjid Indonesia (DMI) se-Kabupaten Situbondo. Acara tersebut bertempat di Aula Perumda Air Minum Tirta Baluran Situbondo, Rabu, 24 April 2024).

Asisten I Setda Kabupaten Situbondo, Prio Andoko membuka langsung acara tersebut dengan didampingi Kepala Bagian Kesra HM. Solikhan serta Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Situbondo, Kiai Zaini Ridwan.

Menurut Kabag Kesra Setdakab Situbondo, HM. Solikhan, tujuan ilmu falak adalah untuk menentukan arah kiblat, waktu sholat, awal bulan qomariyah dan juga untuk memperhitungkan terjadinya gerhana.

“Adapun tujuan khususnya dari kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas peserta dalam memperdalam serta untuk mengetahui ilmu falakiyah. Yang pasti kegiatan ini memiliki sisi manfaat bagi semua peserta,” tuturnya.

Baca Juga : Ketua MUI Situbondo Soroti Rencana Eks Lokalisasi GS Jadi Wisata Karaoke

Mantan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Situbondo itu melanjutkan, para peserta pelatihan ilmu falakiyah pada tahun 2024 diikuti sebanyak 50 orang, berasal dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Situbondo. “Ya, benar para peserta ini berasal dari pengurus dan anggota DMI Kabupaten Situbondo,” ujarnya.

Sementara itu Asisten I Setdakab Situbondo Prio Andoko mengaku, sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ilmu falakiyah yang diikuti pengurus dan anggota DMI Kabupaten Situbondo. Mantan Kepala BPBD Kabupaten Situbondo itu mengatakan dari kegiatan tersebut ke depan ada kesamaan pandangan dalam menentukan waktu sholat dan penentuan kegiatan yang lain. “Ini kegiatan bagus yang harus dikembangkan ke depannya,” ucapnya.

Informasi yang berhasil dihimpun Jurnalis Memo Indonesia.com, kegiatan sosialisasi pelatihan ilmu falakiyah tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia serta Kepala Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kabupaten Situbondo. Ikut hadir pula diantaranya Direktur Perumda Air Minum Tirta Baluran Situbondo Asy’ari S.Sos M.Si dan beberapa Kepala KUA di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Situbondo. (Ozi)