BONDOWOSO – Izra Tamaris, pemuda asal desa Tamanan, Bondowoso ini berangkat ke kantor google di Jakarta untuk meminta konten video hantu Bondowoso di youtube untuk dihapus, Selasa (7/3). Ini dilakukanya sebagai bentuk keperihatinan terhadap konten tersebut yang membuat image Bondowoso dikenal sebagai kota yang penuh misteri. Ini jutsru sangat kontradiktif dengan Bondowoso yang ingin lebih maju.

“Saya berangkat ke kantor Google Jakarta dengan dukungan dari Rumah Kita, sebagai bentuk sumbangsih saya untuk ambil bagian memajukan Bondowoso,” jelasnya.

Walau pun kedatangannya masih belum bisa langsung membuat konten video tersebut dihapus, mahasiswa Institut Seni Indonesia Jogjakarta ini mengaku tidak kecewa. Dirinya pun tetap mendapat respon positif dari pengelola kantor Google dengan mendapatkan penjelasan tentang bagaimana agar video tersebut bisa dihapus di google.

“Jadi walaupun saya sudah membawa surat formal dari Kominfo Bondowoso itu tidak seta merta bisa langsung dihapus. Pihak google itu bisa menghapus kalau seandainya video tersebut dilaporkan sebagai spam di youtube. Dan yang laporan harus banyak,” ujarnya.

 

Baca Juga : Blusukan ke Gudang, Cawabup Hidayat Serap Aspirasi

 

Karena itulah, Mahasiswa jurusan Menejemen Seni ini mengajak masyarakat Bondowoso untuk ramai-ramai melaporkan video tersebut dengan cara mengklik “Report ” di bagian bawah video tersebut di youtube.

Sebelum itu, Izra juga telah membuat petisi di change.org, yang berisi ajakan menghapus konten video hantu Bondowoso. Mahasiswa semester dua ini mengatakan bahwa sejauh ini baru sekitar 230-an orang yang menandatangani.

“Petisi ini hanya sebagai platform aja, sebagai bentuk keseriusan kita ingin menghapus konten video hantu. Sekarang baru sekitar 230-an orang yang menandatangani,” jelasnya.

Pantauan Memo Indonesia, saat memasukkan kata kunci “Bondowoso” di kolom searching Youtube.com, dari total lima video teratas, empat di antaranya merupakan video misteri dan penampakan video hantu Bondowoso. Sedangkan, video tertinggi dengan total viewers mencapai 4,1 juta itu berjudul “Misteri Bondowoso (Wujud Asli Jin dan Pocong)_1 “. Video-video dangan konten misteri itu telah diposting sejak enam tahun lalu. (och)