Share

BONDOWOSO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso terus turun untuk ikut andil dalam menekan penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak.

Di tengah-tengah pencanangan vaksinasi PMK di Desa Karang Melok, Kecamatan Tamanan, pada Senin (4/7/2022), BPBD Bondowoso melakukan penyemprotan desinfektan di kandang milik Kelompok Ternak Buarto,

Sejumlah petugas dengan menggunakan alat perlindungan diri (apd) lengkap, mereka secara telaten menyemprotkan disinfektan di setiap sudut kandang sapi.

Kepala Bidang Logistik, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi BPBD, Tugas Riski Bahana mengatakan, kegiatan serupa, memang rutin dilaksanakan setiap hari. Bahkan bukan hanya satu tempat saja, mengingat mereka juga melakukan penyemprotan di Pasar Hewan, kandang warga dan Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada.

“Setiap hari kita menyebar, karena pasti ada permintaan dari masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga : Ikut Tinjau Vaksinasi Sapi di Tamanan, Kapolres Wimboko Ingatkan Masyarakat Tak Percaya Hoax

Namun, khusus untuk penyemprotan cairan desinfektan yang dilakukan di pasar hewan, biasanya satu hari sebelum pasar tersebut beroperasi. Selain itu, penyemprotan juga dapat dilakukan di kandang ternak milik milik warga.

“Sesuai permohonan dari pemdes,” katanya.

Ia berharap, penyemprotan cairan ini minimal dapat mengurangi bahkan mencegah penularan penyakit PMK, pada hewan ternak lainnya. Sehingga angka penyebarannya bisa menurun bahkan nihil kasus.

Pihaknya menerangkan kebutuhan cairan desinfektan untuk melakukan penyemprotan, terbilang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Terlebih populasi hewan ternak di Bondowoso mencapai 234 ribu lebih.

“BPBD dan dinas Peternakan Perikanan bondowoso bersinergi untuk memenuhi kebutuhan,” pungkasnya. (Och)