Share

BONDOWOSO – Pasangan nomer urut satu, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak unggul dalam rekapitulasi penghitungan suara Pilgub di Kabupaten Bondowoso, Rabu (4/7). Paslon nomer urut satu ini mendulang suara hingga 242.761, sedangkan Gusti (Gus Ipul dan Mbak Puti) memperoleh suara 192.455. Adapun suara tidak sah, yakni 23.862.

Pantauan di lapangan, Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi penghitungan suara yang diselenggarakan oleh KPU Bondowoso di Aula Hotel Palm itu, berlangsung tertib. Walaupun sempat sekali, terpaksa panitia harus membuka kotak suara dengan menggunakan tang lantaran anak kunci kotak suara hilang. Seperti yang terjadi saat akan membuka kotak suara dari kecamatan Grujugan.

Selain itu, penghitungan untuk Pilgub pun sempat diwarnai dengan kotak suara tertukar seperti yang terjadi saat penghitungan dari PPK Kecamatan Cerme. Tampak tim dari KPU Kabupaten terpaksa harus membuka dua kotak suara milik Kecamatan Cerme, kotak Pilgub dan Pilbup. Karena surat suara Pilbup tertukar dimasukkan pada kotak suara Pilgub, dan begitu sebaliknya.

Baca Juga : DPRD Serahkan Rekomendasi LKPJ Akhir Masa Jabatan Pada Bupati Amin

Ketua Komisioner KPU Hairul Anam, saat sambutan mengaku  bersyukur bahwa dari proses rekapitulasi dari masing-masing tingkatan bisa terlaksana dengan baik, dan kondusif.

“Mudah-mudahan pada proses rekap kali ini bisa terlaksana dengan lancar, dan bisa mengikuti secara seksama proses rekapitulasi di tingkat Kabupaten ini,” urainya.

Sementara itu, Anggota Divisi SDM dan Parmas KPU Provinsi Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, bahwa untuk Pilgub nanti akan berlanjut di tingkat Provinsi Jawa Timur pada 7 Juli 2018.

“Jadwal kita di tanggal 7,8,9 tapi insyallah kita akan melaksanakan rekap untuk Pilgub di tingkat Provinsi di tanggal 7. Namun nanti mulai tanggal 6 kita sudah mengundang KPU kabupaten/kota,” urainya.

Ia pun menerangkan pihaknya mengundang KPU kabupaten/kota lebih awal untuk melakukan sinkronisasi agar pelaksanaan rekapitulasi berjalan lancar. (Och)