Tim Juri Saat Melakukan Penilaian Lomba Roasting Kopi Robusta FKN 2017

BONDOWOSO – Dua kopi robusta asal Rebublik Kopi Bondowoso berhasil menembus 10 Besar dalam ajang Roasting Competition di Festival Kopi Nusantara (FKN) 2017 yang diselenggarakan oleh Pemkab Bondowoso di Alun-alun RBA, Jumat (24/8/2017).

Dua kelompok tani tersebut adalah Maju Tani III asal Sumber Wringin, dan Klonceng Tani asal Maesan. Produk keduanya menembus 10 besar setelah melibas 122 kontestan dari total jumlah 132 kontestan dari seluruh penjuru nusantara.

Menurut ketua kelompok tani Maju III, Harnimu, kunci keberhasilan kopi robusta miliknya berasal dari dedikasi petani dilereng gunung raung yang sejak dari perawatan pohon hingga petik betul-betul diperhatikan dengan sepenuh hati. Harnimu berharap kopi robusta miliknya lolos menuju 5 besar pada selanjutnya.

 

Baca Juga : Pengunjung FKN Nikmati Kopi Gratis dari Seluruh Nusantara

 

“Kami memang perhatikan betul kopi robusta kami. Mulai dari perawatan pohon hingga kopi itu siap untuk di roasting,” paparnya kepada Memo Indonesia.

Sebagai Presiden Republik Kopi, Amin Said Husni tentu berkeinginan agar kopi robusta milik rakyatnya memenangi ajang kompetisi nasional tersebut. Amin yang saat itu mendatangi stan kedua kelompok tani tersebut mengapresiasi totalitas yang telah diberikan sehingga menghasilkan kopi robusta berkualitas sehingga mempunyai daya saing tinggi. Di sela-sela kesempatan tersebut, Bupati Bondowoso itu juga memberikan dukungan semangat kepada kedua anggota kelompok tani tersebut.

“Kopi Bondowoso sukses selalu. Terima kasih sudah memberikan yang terbaik untuk menciptakan kopi yang berkualitas,” ujar Amin.

Tak hanya lomba roasting, ada berbagai lomba lainnya seperti Spesialty Competition dan Brewing and Blending Competition yang akan digelar hingga tanggal 26 Agustus 2017. (abr)