Bondowoso – Banyaknya kabar di media-media sosial tentang penculikan anak belakangan ini membuat warga resah. Polres Bondowoso memastikan jika isu tersebut tidak benar alias hoax.

Hal itu ditegaskan oleh Kapolres Bondowoso AKBP Afrisal. Menurutnya, isu yang berkembang itu tidak bisa dipertanggung jawabkan. Bahkan untuk menepis isu tersebut, pihaknya khusus mengeluarkan maklumat.

“Polri telah melakukan konfirmasi terhadap isu dan fakta di lapangan, bahwa berita atau isu tersebut tidak benar,” papar Afrisal dalam maklumatnya.

Dia juga menegaskan bahwa sampai saat ini belum pernah ada pihak-pihak yang melaporkan adanya penculikan anak di Bondowoso. untuk itulah, dia meghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak mudah percaya dengan maraknya berita penculikan anak.

“Alangkah baiknya jika menerima informasi yang tidak jelas, supaya bertanya terlebih dahulu kepada aparat setempat dan tidak menyebarkan kembali informasi tersebut melalui sms ataupun media sosial,” jelasnya.

Dia juga berpesan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi terhadap munculnya isu-isu yang tidak bisa dipertanggung jabwakan tersebut. Masyarakat juga jangan sampai terpancing hasutan untuk main hakim sendiri kepada pihak-pihak yang dicurigai.

Yang tak kalah pentignya, kata dia, masyarakat luas baik pribadi atau kelompok termasuk orang tua, guru, tokoh masyarakat, mampu meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan.

“Khususnya untuk mengamankan dan menyelamatkan anggota keluarga terutama anak, baik di lingkungan, sekolah dan tempat publik,” pungkas perwira dengan dua melati di pundak ini. (esb)