Situbondo – Pengawasan lalu lintas ternak, baik yang masuk maupun yang keluar dari Situbondo, ditingkatkan menjelang bulan suci Ramadhan.Hal itu dilakukan, guna mengantisipasi kemungkinan penyebaran penyakit ternak saat bulan suci Ramadhan.

Kepala Bidang Keswan dan Mavet Dinas Peternakan Kabupaten situbondo Sulistiyani mengatakan, pemantauan lalu lintas ternak dilakukan di sejumlah pasar hewan serta di sejumlah peternak sapi yang ada di Situbondo.

’’Kesehatan ternak akan diperiksa lebih ketat. Kami tidak akan merekomendasikan ternak yang sakit untuk dijual kepada konsumen,’’ujar, Sabtu (22/4)

Lebih jauh dia menjelaskan, dengan adanya pemantauan kesehatan tersebut, akan memberikan keamanan terhadap bahan pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat. Karena saat Bulan Ramadhan, dipastikan kebutuhan masyarakat terhadap hewan akan meningkat.

Pantauan Memo Indonesia, Dinas Peternakan Kabupaten Situbondo juga menerjunkan petugas untuk memberikan obat cacing untuk sapi dan kambing. Pemberian obat cacing ini bertujuan agar sapi yang akan di perjual belikan sehat. Karena berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, masih banyak dijumpai sapi yang menderita penyakit cacing hati.

’’Sehingga diharapkan sapi yang akan perjual belikan di wilayah Situbondo sehat dan terhindar dari penyakit cacing hati yang membahayakan manusia bila dikonsumsi,’’ terangnya.

Dalam memantau lalu lintas ternak ini, Dinas Peternakan Kabupaten situbondo bekerja sama dengan pihak kepolisian, yang akan memeriksa lalu lintas ternak di perbatasan kabupaten. Hal ini bertujuan untuk memastikan ternak yang masuk dan keluar Situbondo dalam kondisi sehat sehingga tidak menularkan penyakit. (yud/esb)