BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso menganggarkan lebih dari Rp 50 milliar untuk mendukung pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 2018 mendatang.  Anggaran tersebut rinciannya, pembiayaan Pilkada Bondowoso 2018 pada KPUD  Bondowoso senilai Rp. 40,6 M, pada Panwaskab senilai Rp 6,9 M, untuk Pengamanan (Polres) senilai Rp. 4,3 M.

Selain itu, Pemkab juga memfasilitasi Personil LINMAS di tingkat Kecamatan dan Desa yang penyiapannya melalui Dinas Satpol PP dengan dukungan APBD senilai Rp. 1,7 M. Sedangkan dalam penugasan di bawah BKO Polres Bondowoso.

Bupati Amin Said Husni, saat memberikan pemaparan dalam acara Sosialisasi Pelaksanaan Pemilu 2019 di Cafetaria Hotel Palm, Minggu (1/10), mengatakan dukungan pelaksanaan Pemilu bukan hanya direalisasikan pada anggaran. Namun, pihaknya juga memberikan dukungan sarana dan prasarana kerja dengan pertimbangan efektifitas yang tidak dianggarkan di dalam NHPD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) disediakan oleh pemerintah daerah melalui pola pinjam pakai.

 

Baca Juga : Pemkab Bentuk Desk Pilkada Pantau Pelaksanaan Pilkada 2018

 

“Sehingga diharapkan penyelenggaraan tahapan Pilkada Bondowoso tidak ada hambatan dari sisi anggaran, ketersedian sarana dan prasaran termasuk aspek personil dan ketersedian sumber daya manusia,” paparnya.

Selain itu, Ia juga memastikan pemerintahannya juga berkomitmen untuk memberikan dukungan personil yang diperlukan untuk kesekretariatan pada Panwaslu Kabupaten, Panitia Pemilihan Kecamatan, Panwaslu Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara di tingkat Desa.

Di samping itu, pihaknya juga memberikan dukungan personil LINMAS dengan komposisi 10 orang untuk setiap kecamatan dan lim orang untuk setiap desa serta dua orang untuk setiap TPS.

Menurut  Bupati Amin, semua  dukungan ini diberikan untuk bisa menghasilkan Pemilu 2018 bisa berlangsung aman, tertib, lancar dan dilaksanakan engan berkualitas. Sehingga demokrasi ini bisa menghasilkan pemimpin sebaik mungkin di masa yang akan datang. (och)