Share

BONDOWOSO – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bondowoso meminta data Partai Politik (Parpol) yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

Junaidi, Komisioner KP Divisi Hukum, memaparkan, walaupun tidak ada MoU antara Kejaksaan dengan KPU, namun koordinasi terus dilakukan untuk menjaga kondusifitas Bondowoso menjelang Pilkada serentak.

“Kami melakukan koordinasi dengan semua pihak untuk kondusifitas Bondowoso, baik instansi vertikal maupun horizontal. Misalnya dengan Kejaksaan, Polres, TNI, Bakesbang, dan yang lainnya”, kata Junaidi.

Dikonfirmasi Parpol yang mendaftar ke KPUD untuk mengikuti Pemilu Pileg mendatang, Junaidi mengatakan yang sudah terdaftar ada 14 Parpol.

Baca Juga : Pendaftaran Ditutup, Hanya 16 Partai Daftar ke KPU Bondowoso

“KPUD masih melakukan proses verifikasi faktual terhadap sejumlah Parpol yang sudah mendaftar pada kami. Insyaallah pertengahan bulan ini, proses tersebut sudah final”, kata Jun menambahkan.

Jun tidak bisa memastikan, apakah seluruh Parpol yang mendaftar akan lolos verifikasi sehingga berhak megikuti kontes lima tahunan dalam Pemilu nanti. Karena sampai saat ini masih dalam proses.

“Nanti KPU akan menginformasikan kalau verifikasi sudah selesai. Sebetulnya tidak ada larangan memberitahukan Parpol yang sudah lolos verifikasi. Namun ada etika politik yang harus kita hormati bersama,” pungkas Jun. (och)