Share

BONDOWOSO – Agus Harimurti Yudhoyono atau lebih akrab dipanggil AHY mengunjungi salah satu industri UMKM pengolahan Tape, di Kelurahan Nangkaan, Kecamatan Bondowoso, Kamis (5/4). Kedatangannya disambut antusias warga, bahkan tak sedikit yang telah memadati lokasi yang akan dikunjungi AHY satu jam sebelum kedatangannya.

Saat tiba di lokasi, AHY disambut dengan tari “Molong Kopi”. Kemudian Ia menemui belasan pekerja di UMKM Raja Tape. Ia pun bahkan sempat berbincang, dan mencoba meragi singkong yang sedang diproses menjadi tape. Sembari mengoyak-ngoyak singkong yang telah ditaburi ragi itu, AHY sempat berbincang dengan pemilik UMKM, dan menanyakan dampak keberadaan UMKM bagi masayrakat sekitar. Termasuk, tak lupa Ia menanyakan tentang kemana saja produk olahan tape ini di pasarkan.

AHY ditemui awak media mengatakan, UMKM produksi tape ini menjadi salah satu industry rumahan yang sangat bagus. Karena, produk tape ini bukan hanya menjadi konsumsi lokal, tapi juga diekspor.

Tentunya, dengan kondisi demikian, maka harus ada perhatian agar pengurus UMKM dimanapun berapa bias lebih dibantu dalam akses permodalan. Termasuk juga pemasaran produk, sehingga produk olahan tape ini juga bias semakin memperluas pangsa pasarnya.

Baca Juga : Tim Dhafir-Dayat Fasilitasi Masyarakat Lakukan Perekaman E-KTP

“Tetap semangat dan tetap kerja semaksimal mungkin, walaupun ada hambatan ada permasalan. Misalnya, seperti tadi disampaikan adanya keterbatasan bahan baku singkong karena alih fungsi lahan,” tegasnya.

Ia pun mengaku telah menitipkan seluruh pelaku UMKM di Bondowoso kepada paslon Dhafir-Dhayat, paslon yang diusung oleh Demokrat di Bondowoso. Agar nantinya bisa mencarikan solusi bagi para pekerja UMKM, terutama terkait bahan baku yang sangat terbatas.

“Saya tadi titip juga kepada calon bupati yang kita usung untuk Bondowoso ini , mudah-mudahan dan saya yakin beliau juga sudah punya strategi dan upaya untuk bisa mencarikan solusi bagi para pekerja UMKM,” jelasnya.

Untuk informasi, Bondowoso menjadi kabupaten ke 16 yang telah disambangi oleh AHY. Rencananya, Jum’at (6/4) AHY dijadwalkan akan berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi. (och)