BONDOWOSO – Ruhaji Budianto, salah seorang tenaga kontrak di Dinas PUPR telah mendonorkan darahnya 100 kali. Rencananya nama Ruhaji Budianto akan didaftarkan oleh PMI Kabupaten Bondowoso untuk menjadi salah satu pendonor yang mendapatkan penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial dari Presiden Jokowi dalam waktu dekat ini.

Ruhaji Budianto, ditemui oleh Memo Indonesia, mengatakan bahwa dirinya secara sukarela mendonorkan darahnya sejak tahun 1984.  Adapun donor ke 100 kalinya Ia lakukan pada 4 April 2018 kemarin.

Dengan antusiasnya Ia bercerita bahwa kali pertama ia mendonorkan darahnya ketika Ia menolong korban kecelakaan.

“Dulu ada korban kecelakaan, parah kondisinya. Saya kan bantu ngantarkan ke rumah sakit, pas di rumah sakit kekurangan darah, saya langsung donor. Sejak itu saya merasa harus dan terus mendonorkan darah saya,” ujarnya saat mengikuti donor darah masal di Aula PUPR, Kamis (3/5),

Budianto mengaku bahwa pada tahun 2015 lalu dirinya mendaptakan pin kehormatan dari Gubernur Soekarwo. Karena telah mendonorkan darahnya sebanak 75 kali. Ia merasa haru dengan penghargaan tersebut, walaupun sebenarnya sejak awal, laki-laki berusia sekitar 60-an itu, tidak pernah terbersit untuk mengejar penghargaan.

“Saya nggak nagrep gitu. Karena saya kan mendonorkan darah, karena keikhlasan saya untuk kemanusiaan. Bagiamana si penerima biar sembuh dan sehat,” tegasnya.

Baca Juga : Plt. Sekda Bondowoso Ajak Ratusan Pegawai PUPR Donor Masal

Budianto yang memiliki golongan darah O merasa sangat beruntung. Karena dengan golongan darah itu ia bisa membantu semua golongan darah. Selama ini, Ia mendonorkan darah secara rutin setiap dua bulan 10 hari ke PMI.

“Kan saya punya kartu, oh ini waktunya, berangkat saya ke PMI,” ujarnya.

Karna Suswandi, Kepala Dinas PUPR yang juga Plt. Sekda, mengatakan, sangat berbangga hati dengan pegawai PUPR  yang telah mendonorkan darahnya 100 kali. Ia berharap hal tersebut bisa memotivasi pegawai yang lain.

“Ke depan saya berharap yang lain bisa mengikuti jejaknya. Karena ini dapat menyelmatkan jiwa seseorang. Ini adalah sebuah kebanggaan ketika kita bisa membantu warga yang lain,” terangknya

Sementara itu, Miftahul Huda, Ketua PMI Bondowoso, mengatakan bahwa sedikitnya ada lima pendonor aktif yang telah tercatat mendonorkan darah hingga lebih dari 75 kali. Salah satunya, Ruhaji Budianto.

“Insyallah tahun sekarang beliau kita pilih sebagai perwakilan PMI Bondowoso untuk mendapatkan penghargaan tertinggi Presiden yang diberikan saat peringatan hari PMI,” terangnya. (och)