BONDOWOSO – Akselerasi pengembangan kopi spesialti Bondowoso terus dilakukan Bupati Amin Said Husni. Terbaru, Amin menghadiri Pacific International Tourism Expo (PITE) 2017 di Kampus Far Eastern Federal University (FEFU) di Russky Island, Vladivostok, Rusia. Amin juga didaulat menjadi pembicara dalam FERIF (Far Eastern Rusia Indonesia Forum) di Aurora Park Hotel Vladivostok. Dalam kesempatan tersebut, Amin mempresentasikan tentang keunggulan kopi spesialti khas Bondowoso.

Kehadiran Amin dalam kegiatan itu tak lepas dari keunggulan Bondowoso yang mewakili daerah dengan basis agribisnis. Dia pun menyampaikan presentasi tentang Kopi Bondowoso dan potensi unggulan Bondowoso lainnya.  “Potensi unggulan Bondowoso yg dipromosikan di forum ini adalah kopi Bondowoso yaitu kopi hutan specialty dan wisata kebun kopi. Selain itu juga sportainment tourism yang meliputi Kawah Wurung, Kawah Ijen, puncak Megasari, Solor the Megalithic Garden, arung jeram Bosamba,” ujarnya seperti dirilis Diskominfo Bondowoso.

Dia menjelaskan, forum ini sangat strategis untuk mempromosikan produk unggulan dan mendorong kunjungan turis Rusia maupun Asia ke Bondowoso. Mengingat even tahunan ini diikuti oleh para pelaku industri pariwisata dan kamar dagang dari berbagai negara di kawasan asia.

 

Baca Juga : Menjamurnya Coffee Shop Bikin Kopi Spesialti Makin Digemari

 

Selain itu, melalui bussines meeting juga diharapkan bisa membuka hubungan dagang dan lebih mengenalkan peluang investasi serta memantik minat para investor.

Di sisi lain, pihak KBRI untuk Rusia di Moscow yang diwakili oleh Deputy Ambassador Larso Simbolon sangat mengharapkan lebih banyak lagi produk unggulan dari Indonesia yg bisa diekspor ke Rusia. Khusus kopi Bondowoso, Deputy Ambassador sangat mendukung agar terus melakukan ekspansi pasar dan  mendorong bussines matching dengan pengusaha perkopian di Rusia.

 

Baca Juga : Kampung Kopi, Bikin Malam di Bondowoso Seromantis Bali

 

Setidaknya ada tiga perusahaan Rusia yg berminat mengimpor kopi Bondowoso. Di antaranya Maksudinova Maria selaku President Director Alhambra Co. Ltd yang berkedudukan di Vladivostok sangat tertarik dengan kopi Bondowoso. Dia berkomitmen untuk membahas lebih konkret rencana bisnisnya itu.

Selain itu, Tea Point Co. Ltd juga berminat mengimpor kopi Bondowoso. Sedangkan Nikita Gritsenko dari Zodiac Group menawarkan kerjasama yang ebih luas dan tidak hanya terbatas pada kopi saja. (esb)