Share

SURABAYA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Jawa Timur memastikan hingga saat ini belum ada satupun calon yang sudah mendapatkan rekomendasi untuk maju sebagai calon gubernur dari Demokrat. Untuk seluruh berkas pencalonan baru pada 1 Oktober lalu dikirimkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan prosesnya tidak bisa langsung Rekom. Demikian disampaikan oleh Sekretaris DPD Demokrat Jawa Timur Renvile Antonio, di Surabaya, tadi siang.

Renvile mengungkapkan, sebelum mengeluarkan rekomendasi, PD akan mengeluarkan terlebih dahulu surat tugas kepada calon yang dikehendaki. Surat tugas ini selanjutkan akan memerintahkan kepada calon untuk menjaring partai koalisi serta mencari calon pendamping sebagai calon wakil gubernur.

“Jika calon tidak bisa mencari parpol koalisi dan calon pendamping, maka surat tugas bisa jadi akan diberikan kepada calon lainnya,” katanya.

Ditambahkannya, surat tugas ini juga belum tentu akan menjadikan calon tersebut mendapatkan rekomendasi dari PD. Karena parpol koalisi dan calon wakil tetap sepenuhnya bergantung pada keputusan Majelis Tinggi Partai.

 

Baca Juga : Khofifah Resmi Mendaftar Cagub Jatim 2018 di Hari Terakhir

 

“Sebagai partai politik yang mendapatkan 13 kursi di DPRD Jawa Timur,maka PD mengharuskan calon yang akan diusung haruslah berbaju Demokrat. Apakah calon gubernur atau calon wakilnya salah satunya haruslah berbaju Demokrat,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, hingga saat ini sebanyak enam orang sudah resmi mendaftar ke Partai Demokrat sebagai calon gubenur yakni Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur; Anggota DPR Fraksi Demokrat Nurhayati Asegaf, Inspektur Pemprov Jawa Timur Nurwiyatno,Perwira Mabes Polri Syafiin, Ketua Kadin Jawa Timur La Nyalla M Mattalitti dan Khofifah Indar Parawansa.

DPD PD Jatim juga telah melakukan penjaring sejumlah bakal calon wakil gubenur (cawagub) potensial .Ada beberapa nama yang potensial, selain Kepala Inspektorat Prov Jatim Nurwiyanto yang telah mendaftar sebagai cawagub. Antara lain Maskyur, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pemprov Jatim Heru Tjahjono, Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Jatim Saiful Rachman, Bupati Trenggalek Emil Dardak serta Sekretaris DPD Demokrat Jawa Timur Renvile Antonio.(sga)