Share

BONDOWOSO – Dalam debat Publik kedua yang dilaksanakan KPU Bondowoso, Sabtu malam (19/5) pasangan calon saling adu gagasan dalam menarik simpati para pemilih. Utamanya, dalam bidang ekonomi dan pembangunan.

Diawali dengaan penyampaian visi dan misi, para paslon menjabarkan wacana dan rencananya dalam memimpin Bondowoso lima tahun ke depan. Menariknya, pada segmen ke empat masing-masing kandidat saling silang pertanyaan tentang Ekonomi dan pembangunan. Seperti, paslon Sabar memberikan pertanyaan kepada pasangan Dhafir-Dayat. Kemudian ditimpali dengan jawaban dan tanggapan ulang oleh paslon lawan. Begitu sebaliknya.

Pantauan di lapangan, segmen tanya jawab inilah yang paling mendapatkan tanggapan paling ramai dari masing-masing pendukung. Utamanya, ketika paslon unggulannya memberikan jawaban. Gemuruh tepuk tangan pendukung terus bergema, manakala paslon unggulannya mejawab dengan tegas dan lugas.

Baca Juga : Paparkan Visi Misi, Salwa Banyak Lihat Teks, Dhafir Lancar

Sepanjang debat berlangsung, tampak paslon nomor urut satu, dalam menyampaikan pertanyaan dan kritisnya terhadap pemaparan Dhafir-Dayat, didominasi oleh Cawabup Irwan Bachtiar. Sementara Cabup Salwa hanya memberikan pertanyaan atau tanggapan dengan beberapa kalimat saja.

Di lain sisi, paslon nomor urut dua, relatif berimbang dalam memberikan pertanyaan. Bahkaan dalam dua kali pertanyaan, Cabup mempersilahkan Hidayat menyampaikan pertanyaan pada lawan.

Namun demikian, pelaksanaan debat kedua ini berlangsung aman dan kondusif. Selain itu, kedua paslon tetap menunjukkan saling guyub dan rukun. Bahkan di akhir debat publik, ke empat putra daerah saaling bersalaman dan berphoto bersama. (och)