BONDOWOSO – Bupati Amin Said Husni bersama 15 orang delegasi Coffee Assosiation of Indonesia (SCAI) dan 22 orang delegasi Specialty Coffee Association Europe (SCAE), petik kopi di kebun kopi petak 23 Desa Sukorejo, Kecamatan Sumber Wringin, Sabtu  (15/7).

Dalam sambutannya Bupati Amin berharap kunjungan dari SCAE dan SCAE bisa ditindak lanjuti ke hubungan bisnis yang saling menguntungkan. Terlebih kopi arabika java Ijen raung ini merupakan kopi yang sudah diekspor ke sejumlah negara.

“Sekarang areal kopi yang dikerjasamakan tidak kurang dari 14 ribu hektar dan yang sudah diproduksi 7 ribu hektar. Dari jumlahnya ini hampir separuhnya sudah diekspor ke luar negeri dan sisanya di pasarkan di Indonesia,” jelasnya.

 

Baca Juga : SCAE Puji Keunggulan Kopi Bondowoso

 

Bupati bersyukur bahwa kopi Ijen raung ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bondowoso, karena semua pelaku dari perkopian ini adalah para petani.

Sementara itu, Ketua SCAI Safrudin mengatakan orang-orang yang turut dalam rombongan ini menunjukkan antusias yang bagus untuk melakukan transaksi penjualan. “Semalam bahkan sudah ada yang berencana melakukan pembelian dan akan datang sendiri ke PTPN. Terus tadi sudah ada yang sempat bilang akan beli sendiri ke petani. Ada temen dari beberapa negara lain yang mau pesan kopi di sini,” ungkapnya.

“Kopi Bondowoso sekarang ini sangat ngetrend. Karena cara tanamnya yang berbeda terlebih didukung dengan lingkungan yang memadai. Seperti ini pohon kopi dinaungi dengan pohon-pohon ini,” papar Safrudin.

Pantauan di lapangan, kedatangan Bupati dengan para delegasi ini disambut meriah yel-yel Republik Kopi yang dibawakan oleh kelompok petani kopi 13 Dusun Kluncing Desa Sukorejo. Yel-yel ini terus mengiringi Bupati dengan para delegasi hingga menuju lokasi venue petik kopi yang jaraknya sekitar 150 meter dari pintu kedatangan.

Usai petik kopi, dilanjutkan dengan seremonial, dan pemotongan tumpeng oleh Bupati Amin Said Husni dan Koordinator SCAE dan SCAI.

Tampak hadir Kepala Puslitkoka Indonesia, Kepala Bank Jatim, Komandan Kodim 0822, Sekda Hidayat, dan Forpimda. (och)