Share

BONDOWOSO – Surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati 2018 di Bondowoso telah mulai dilipat. Pelipatan dilakukan di Gudang depan SMP Negeri 5 Bondowoso, Kamis (10/5) hingga beberapa hari kedepan.

Pantauan di lapangan, sedikitnya ada sekitar 35 kelompok yang terdiri dari empat orang yang melipat surat suara. Adapun dari setiap satu dos (sekitar 2ribu) surat suara, kelompok mendapatkan upah sekitar Rp 206ribu atau 103 per surat suara.

Tampak, proses pelaksanaan pelipatan dijaga ketat oleh tim keaanan yang teridri dari Polisi dan Satpol PP. Setiap pelipat yang mendaftar diwajibkan menyetorkan foto copy KTP, dan mendapatkan nomer kelompok. Di samping itu setiap orang yang masuk ke ruang pelipatan dilarang untuk membawa tas dan atau sejenisnya.

Setiap pelipat sebelum melipat surat suaranya, terlebih dahulu melakukan sortir. Memeriksa kondisi fisik dari surat suara, apakah ada tintanya, ataukah sobek, atau cacat lainnya.

Sri Ningsih, seorang Ibu Rumah Tangga, asal desa Kembang, Kecamatan Bondowoso, mengatakan, bersyukur karena bisa ikut melipat surat suara ini. Karena, menurutnya bisa menambah pundi-pundi rejeki untuk memenuhi berbagai kebutuhan.Ia bahkan menyebut ini sebagai berkah Pilkada.

Baca Juga : Dukung Cak Imin Cawapres, Cinta Bertebaran di Bondowoso

“Tapi ya gitu ini harus teliti disortirnya, khawatir ada yang cacat. Ini juga dijaga ketat,” tegasnya.

Senada disampaikan oleu Maimunah, yang sudah beberapa kali pernah melipat surat suara dalam Pilkada, mengatakan, senang bisa mendapatkan rejeki dari pelipatan surat suara. Setiap Pilkada, pasti yang ditunggu pelipatan surat suara ini, karena bisa dapat upah.

“Kalau saya tadi ini melipat dengan kelompok saya dapat empat dos, lumayan alhamdulillah. Tadi, surat suaranya sedikit sekali yang cacat. bahkan satu dos itu cuma satu, bahkan ada yang tidak ada yang cacat,” terangnya senang.

Amiruddin Makruf, Komisioner KPU Divisi Umum, Keuanagan, dan Logistik, dihubungi terpisah, mengatakan, bahwa total surat suara yang dilipat dalam pilbup 2018 yakni sekitar 593.937. atau setara dengan total DPT Bondowoso 578.741 ditambah cadangan 2,5 persen.

“surat suara ini akan disebar di 1.500 TPS di Bondowoso, dengan jumlah cadangan masing-masing 2,5 persen,” ungkapnya.

Sejauh ini, kata Amiruddin, untuk logistik baru surat suara yang datang. Sementara logistik yang lain akan datang secara bertahap. (och)