Share

BONDOWOSO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso masih menunggu kiriman 2.908 surat suara. Surat suara itu untuk menggantikan yang rusak dan karena kekurangan.

Komisioner KPU Divisi Umum, Keuangan dan Logistik, Amiruddin Makruf memaparkan beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan proses sortir dan pelipatan surat suara Pilbup.   Ditemukan bahwa 276 surat suara rusak, dengan rincian rusak karena sobek sebanyak 56 lembar, mengkerut 117 lembar serta 104 surat suara kena tinta.

Adapun kebutuhan surat suara dalam Pilbup Bondowoso 2018 itu yakni total 593.937. Jumlah ini didapat dengan menjumlah total DPT ditambah surat suara cadangan 2,5 persen dari DPT.

Baca Juga : Berkah Pilkada, Ratusan Warga Panen Rejeki Lipat Surat Suara

“Kalau setelah dilakukan sortir dan pelipatan, surat suara yang dalam kondisi sudah siap itu ada 591.305 lembar,” urainya.

Sementara itu, untuk surat suara Pilgub Jatim 2018, kata Amiruddin, saat ini masih dalam proses pengiriman ke Bondowoso. Jumlah kebutuhannya pun sama dengan jumlah surat suara Pilbup 2018.

Ia pun menerangkan bahwa saat ini untuk seperangkat alat pencoblosan seperti bantalan dan paku coblos masih akan dilakukan pengadaanya. Sedangkan kotak suara sendiri telah selesai diperbaiki dan sekarang ada di gudang penyimpanan KPU.

“Kebutuhan kotak suara itu di TPS itu tiga ribu, kemudian di PPK itu sekitar 3. Kami menyiapkan kotak suara sekitar 3.500 kotak,” pungkasnya. (och)