BONDOWOSO – Seluruh anak didik Pendidikan Sekolah Dini (PAUD) se-Kabupaten Bondowoso bersama bunda mengukuti Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (GERNASBAKU) di Hutan Kota Alun-alun Ki Bagus Asra, Sabtu (5/5). Gerakan baca buku bersama orang tua itu diselenggarakan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidik Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Bondowoso.

Ketua Himpaudi Bondowoso Amik Tuharyanti mengatakan, melalui Gernas Baku ini, banyak sekali sisi positif yang akan muncul. Karena Gernasbuku menuntut orangtua untuk membaca buku anak-anak, kemudian diminta untuk menceritakannya secara rutin saat di rumah.

“Dari sana akan banyak sisi positif yang muncul. Yang dibaca itu buku cerita. Jadi setelah baca bisa diceritakan kepda anak,” papar Amik.

Baca Juga : Bupati Amin Sabet Penghargaan TOP Pembina BUMD 2018

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bondowoso, Endang Suharyanti menilai kegiatan tersebut sangat berguna bagi proses tumbuh kembang anak. Karena disaat padatnya aktivitas orangtua,  Gernasbuku hadir untuk mewajibkan para orang tua untuk selalu dekat dengan anak. Menjadi guru saat anak-anak berada di rumah, sehingga urusan belajar anak tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru saat di sekolah.

“Sangat bagus untuk merangsang minat baca disaat tumbuk kembang anak. Juga orangtua akan menyempatkan waktunya untuk anak, sekalipun aktivitas mereka padat. Jadi orang tua tidak seutuhnya menyerahkan urusan belajar anak kepada guru,” ungkap Endang.

Untuk informasi, peserta kegiatan tersebut berjumlah 1000 anak didik, 1000 orang tua dan 1000 tenaga pendidik. Selain membacakan bermacam buku cerita kepada anak-anak, anak-anak juga digiring untuk bermain dan bernyanyi bersukaria dengan ibu beserta guru pendamping mereka masing-masing. (abr)