BONDOWOSO – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri 01 Tapen, Bondowoso sempat diundur selama dua jam. Hal tersebut dikarenakan ada masalah pada server, sehingga peserta tidak bisa ‘log in’ untuk mengakses soal ujian. Ujian baru bisa dilaksanakan pada jam 09.30 setelah kondisi normal.

“Tadi sempat terjadi gangguan. Waktu normalnya dimulai jam 07.30. Karena gangguan akhirnya baru bisa dimulai jam 09.30,” ungkap bagian kurikulum SMP Negeri Tapen, Ratatik, Senin (23/4).

Menanggapi kejadian tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bondowoso, Endang Hardiyanti mengatakan, bahwa gangguan tersebut dipicu dari kementerian pusat. Meski demikian, lanjut Endang, waktu bagi siswa untuk mengerjakan UNBK tidak dikurangi. Mundurnya waktu mengerjakan soal ujian tetap diperhitungkan dan waktu mengerjakan soal tetap dilangsungkan selama dua jam.

“Memang sudah ada petunjuk. Karena erornya  dari pusat, maka harus menyesuaikan dengan siapnya waktu on lagi. Durasinya tetap dua jam,” pungkas Endang saat ditemui sedang meninjau pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 01 Tapen. (abr)