Share

SITUBONDO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Situbondo menggelar konsultasi publik Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Situbondo, Rabu, 6 Juni 2024. Acara tersebut berlangsung di Aula Lantai II Kantor Pemkab Situbondo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo, Wawan Setiawan yang membuka acara tersebut mengatakan, konsultasi publik ini merupakan amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan KLHS dalam Penyusunan RPJMD.

“Alhamdulillah konsultasi publik hari ini dihadiri oleh kepala dinas, kepala badan, kepala bidang, akademisi, lembaga pemerhati lingkungan hidup, lembaga swadaya masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya,” ujarnya.

Baca Juga : Susul Gerindra dan Demokrat, DPD PKS Bondowoso Putuskan Promosikan Bambang Soekwanto di Pilkada

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Situbondo, Ahkmad Yulianto mengatakan, dalam kegiatan ini nantinya disusun KLHS RPJMD Kabupaten Situbondo Tahun 2025 -2030.

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini, sambung Ahkmad Yulianto, dari Universitas Brawijaya Malang, “Dengan dilaksanakannya uji publik ini kita berharap mendapat masukan-masukan dari steackholder OPD Pemkab Situbondo, Camat, pihak akademisi di Kabupaten Situbondo, pemerhati lingkungan, kelompok masyarakat dan pihak terkait lainnya,”ucapnya.

Dengan adanya masuk-masukan ini, lanjut Yulianto, maka akan memperkaya dokumen KLHS RPJMD Kabupaten Situbondo Tahun 2025 -2030.“Saya berharap acara ini dapat memperkaya materi-materi dan isu tentang lingkungan hidup, sehingga kedepan isu-isu lingkungan kedepan semakin mengemuka. Oleh karena itu, kita akan merumuskan KLHS RPJMD Kabupaten Situbondo Tahun 2025 -2030 dengan baik,”pungkas Yulianto. (Ozi)