Share

SITUBONDO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Situbondo menggelar kegiatan grebek sampah, Sabtu, 8 Juni 2024 di Paseban Alun-alun Situbondo. Acara tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Dalam kegiatan ini, DLH bekerjasama dengan Situbondo Peduli Bumi, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia, Paiton Energi, POMI, PT Nusantara Sebelas Medika, Alfamart, Indomaret dan IP Freedom.

DLH menyediakan puluhan tempat sampah portabel yang disebar dibeberapa titik ditengah Alun-alun Situbondo. Selain itu, DLH juga mengadakan kuis yang ternyata sukses menarik perhatian anak-anak yang sedang menikmati malam minggu bersama keluarga.

Kepala DLH Situbondo, Ahkmad Yulianto menjelaskan, dasar pelaksanaan grebek sampah itu adalah kerisauan ketika melihat sampah Alun-alun Situbondo yang berserakan saat malam minggu. Sehingga instansi tersebut berinisiatif untuk melakukan kegiatan menaruh tempat sampah di beberapa titik.

“Tujuannya mengajak semua masyarakat untuk mencintai dan melindungi lingkungan hidup dan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan adanya kegiatan grebek sampah, saya harapkan masyarakat mampu mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai dan menanam pohon biar Situbondo tercinta ini tidak terlalu panas,” ujarnya.

Selain itu, DLH dengan beberapa pihak tersebut juga menyediakan puluhan hadiah menarik untuk masyarakat yang dapat menjawab pertanyaan dan juga bisa menukarkan sampah plastik dengan beberapa hadiah. Seperti tumbler, mug, dan tas belanja.

Baca Juga : Disnakan Situbondo Turunkan Belasan Tenaga Keswan Jelang Hari Raya Kurban

“Ini di luar ekspektasi, ternyata yang tertarik dengan cara grebek sampah ini mayoritas anak kecil yang awalnya bermain tiba-tiba mendatangi stand kegiatan dengan menukarkan sampah sedotan plastik, botol plastik dengan hadiah. Selain itu, sampah yang ditaruh di beberapa titik terbukti efektif mengurangi sampah saat malam minggu di Alun-alun,” beber Yuli.

Untuk itu, sambung Yulianto, DLH mengajak masyarakat untuk bersama-sama menghijaukan Situbondo dengan tidak membuang sampah sembarang dan membudayakan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle)

“Kurangi penggunaan plastik sekali pakai, buang sampah pada tempat sesuai jenisnya, daur ulang sampah anorganik. Sehingga dapat digunakan kembali dan bernilai lebih, dan jangan lupa jaga lingkungan dengan menanam pohon,” imbuhnya.

Tempat sampah portabel itu, kata Yuli, akan diletakan setiap malam Minggu dan akan diambil tengah malam. “Ini berkelanjutan nanti ada petugas dari DLH yang menaruh dan mengambil tempat sampah portabel itu setiap malam Minggu,” pungkasnya. (Ozi)