Share

SITUBONDO – Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Wabup Nyai. Khoirani meresmikan ground breaking pembangunan SAN Hotel di Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Rabu, 10 Juli 2024. Peresmian itu ditandain dengan penekanan tombol sirene yang dilanjutkan dengan pemasangan tiang pancang sedalam 15 meter oleh alat berat.

Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, SAN Hotel menjadi hotel bintang empat pertama di Kabupaten Situbondo. Hotel itu sekaligus menjadi penanda Situbondo menjadi kabupaten maju.

“Pelan tapi pasti Situbondo menjadi kabupaten maju. Suka atau tidak suka, senang atau tidak senang inilah tanda-tanda kemajuan Kabupaten Situbondo sudah kita mulai,” ucapnya.

Bung Karna pun meminta, kepada warga Situbondo untuk mendukung dan mendoakan pembangunan SAN Hotel supaya berjalan dengan lancar dan sukses. “Tentunya hotel bintang empat pertama di Kabupaten Situbondo ini menjadi kebanggaan masyarakat Situbondo,” tegasnya.

Lebih lanjut, Bupati 57 tahun ini optimistis, dengan adanya SAN Hotel tersebut akan mendongkrak perekonomian masyarakat di sekitar hotel. “Lokasi hotelnya juga dekat dengan GOR yang sedang kita bangun, sehingga lokasi ini nantinya akan menjadi pusat ekonomi baru di Kabupaten Situbondo,” bebernya.

Baca Juga : SD Alifya Bondowoso Berhasil Bawa Pulang Medali Emas di SSC 2024

Di tempat yang sama, Owner SAN Hotel, Santoso mengungkapkan, alasannya membangun hotel bintang empat pertama di Kabupaten Situbondo, yakni pertumbuhan ekonomi Situbondo mengalami tren positif dan potensi pariwisata di Kota Santri Pancasila yang cukup menjanjikan.

“Sebelum berinvestasi di sini kami tentunya telah melakukan survei, dan hasilnya cukup bagus ya pertumbuhan ekonomi Situbondo. Kemudian juga banyak event nasional dan internasional serta pariwisata di sini juga cukup memikat orang untuk datang ke Situbondo,” ucapnya.

Santoso menyampaikan, pembangunan SAN Hotel membutuhkan waktu sekitar satu tahun. “Untuk nilai investasinya ini mencapai Rp50 miliar. SAN Hotel ini nantinya ada lima lantai dan 80 kamar,” tegasnya.

SAN Hotel ini, kata Santoso, berdiri di atas lahan kurang lebih enam ribu meter persegi. “Untuk total luas lahannya itu sekitar satu hektare,” tutupnya. (Ozi)