Share

SITUBONDO – Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Wabup Nyai Khoirani serta Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Bondowoso, mulai menyalurkan bantuan pangan (Bapang) beras tahap lima untuk 79.293 keluarga penerima manfaat (KPM).

Di hari Senin, 10 Juni 2024, Bung Karna menyalurkan Bapang beras di Desa Kilensari, Wringinanom, Peleyan, dan Alasmalang, Kecamatan Panarukan. Sementara itu, Nyai Khoirani menyalurkan Bapang beras di Desa Olean, Talkandang, Kelurahan Dawuhan, dan Patokan, Kecamatan Situbondo

Dalam sambutannya, Bung Karna mengatakan, Bapang beras ini sangat dirasakan manfaatnya oleh para KPM. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka.

“Bantuan pangan beras ini meringankan pengeluaran uang belanjanya bapak-ibu sekalian.Yang biasa uangnya buat beli beras, sekarang tidak usah beli beras tinggal beli lauk-pauknya saja,” ujarnya di Balai Desa Wringinanom.

Lebih lanjut, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini menyampaikan, dengan adanya Bapang beras tersebut juga bisa menekankan laju kenaikan harga beras. Sehingga inflasi daerah terkendali dengan baik.

“Karena kalau harga beras naik, maka inflasi juga ikut naik. Harga-harga kebutuhan pokok yang lain juga ikut naik. Kalau semua harga kebutuhan pokok naik, daya beli masyarakat akan menurun,” tegasnya.

Baca Juga : Diskusi dengan PPDI, Ketua DPRD dan Pj Bupati Bondowoso Kompak Dukung Tunjangan Hingga Peraturan Pemberhentian Perangkat Desa

Bupati Situbondo berpesan kepada para KPM untuk tidak melihat banyak sedikitnya beras yang diberikan. “Akan tetapi bapak-ibu sekalian lihatlah ini sebagai kepedulian pemerintah dan Bulog. Karena bantuan beras ini menunjukkan kepedulian pemerintah dan Bulog kepada bapak-ibu sekalian,” bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Bondowoso, Hesty Retno Kusumastuti mengungkapkan, di tahap lima ini Bulog menyalurkan Bapang beras kepada 79.293 KPM. Penyaluran dimulai pada Senin, 10 Juni hingga Minggu, 30 Juni 2024.

“Tahap lima ini ada 79.293 KPM yang menerima bantuan pangan pemerintah. Dan alhamdulillah penyaluran bantuan beras untuk alokasi bulan April atau tahap empat sudah mencapai 100 persen,” ucapnya.

Menurut Hesty, jenis beras yang disalurkan pada program ini yakni beras medium. “Nantinya tiap KPM mendapat 10 kilogram beras per-alokasi,” pungkasnya. (Ozi)