Share

SITUBONDO – Bupati Situbondo, Karna Suswandi; Wabup Nyai Khoirani; Sekdakab Wawan Setiawan; serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyambut kedatangan 816 jamaah haji di Utama Raya di Desa/Kecamatan Banyuglugur, Minggu, 7 Juli 2024.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, rasa bangganya kepada para jamaah haji Situbondo yang pulang dalam keadaan selamat.

Ia pun mendoakan agar mereka menjadi haji yang mabrur. “Selamat datang jamaah haji di Kabupaten Situbondo, semoga menjadi haji yang mabrul. Dan warga Situbondo yang belum menunaikan ibadah haji disegerakan naik haji,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Umrah dan Haji Kemenag Situbondo, Saiful memastikan, seluruh jamaah haji pulang dengan selamat. Bahkan tahun ini tidak ada yang meninggal saat melaksanaan ibadah haji di tanah suci Makkah.

“Alhamdulillah jamaah haji Situbondo yang tergabung dalam kloter 53, kloter 54 dan kloter 55 sudah tiba di Situbondo. Mereka kembali pulang dengan jumlah yang utuh. Tidak ada jamaah yang meninggal saat menjalankan ibadah haji,” ucapnya.

Baca Juga : Kades Curah Tatal Situbondo Bantah Warga di Dusun Mindi Krisis Air Bersih

Ali melanjutkan, meksipun sempat ada jamaah haji yang tertunda keberangkatannya menuju Arab Saudi lantaran sakit di saat berada di Asrama Haji, Surabaya, mereka justru sehat saat melaksanakan rangkaian ibadah haji di Makkah.

“Dua orang jemaah haji sempat ada yang tertunda keberangkatannya saat itu. Namun mereka lancar melasakanakan hajinya sampai pulang lagi ke Situbondo,” jelasnya.

Di sisi lain, salah satu keluarga jamaah haji, Nur Yanti mengaku, dirinya bangga melihat saudaranya pulang dengan selamat. Sebab, selama ini dirinya khawatir terjadi sesuatu ketika ada di Makkah.

“Saya terharu, sampai lari tadi mau menyambut ibu datang. Rasa khawatir hilang setelah melihat pulang dengan selamat,” terangnya. (Ozi)