Share

SITUBONDO – Sebanyak 250 peternak sapi di Desa Kalibagor, Kecamatan/Kabupaten Situbondo mendapat bantuan arco. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi di balai desa setempat, Kamis, 6 Juni 2024.

Dalam kesempatan itu, Bupati 57 tahun ini mengatakan, bantuan arco tersebut diharapkan dapat meringankan pekerjaan para peternak sapi, terutama saat membersihkan kandang.

“Kalau sebelum ada arco bapak-ibu peternak sapi ini kan membersihkan kotoran sapi dan sisa pakan harus diangkat dengan menggunakan karung dan sejenisnya. Tetapi sekarang dengan adanya bantuan arco ini untuk membersihkan kotoran sapi dan sisa pakan cukup dengan didorong saja,” ujarnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini meminta kepada para peternak untuk tidak membuang kotoran sapi dan sisa pakan sembarangan. Sebab, kotoran sapi dan sisa pakan tersebut bisa digunakan untuk pupuk organik yang sangat bermanfaat untuk kesuburan lahan pertanian.

“Jangan dibuang sembarangan sisa pakan dan kotoran sapinya. Tetapi buatlah lubang di sekitar kandang, lalu kotoran sapi dan sisa pakan dibuang di sana. Karena apa? Kotoran sapi dan sisa pakan ini nantinya bisa digunakan sebagai pupuk organik, sehingga bapak-ibu tidak bergantung pada pupuk kimia saja,” tegasnya.

Baca Juga : Pendapatan Perumda Pasir Putih Tembus Rp885 Juta dan Banongan Rp3,7 Miliar

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini juga memuji kebijakan Kepala Desa Kalibagor yang telah memberikan bantuan arco kepada para peternak sapi. “Pak Kades ini luar biasa, hal kecil seperti ini saja diperhatikan. Ini menandakan kepedulian Pak Kades kepada warganya,” beber Bupati Situbondo.

Sementara itu, Kepala Desa Kalibagor, Aswoyo mengungkapkan, bantuan 250 arco tersebut dibeli dengan menggunakan dana desa (DD) Desa Kalibagor Tahun Anggaran 2024. “Di Kalibagor ini banyak yang memelihara sapi, kalau tidak salah ada 348 ekor sapi. Bantuan arco ini untuk memudahkan mereka membersihkan kandang sapinya,” ucapnya.

Di tempat yang sama, perwakilan peternak sapi penerima bantuan arco, Aswoyo mengaku senang mendapat bantuan arco. “Alhamdulillah terima kasih kami sampaikan kepada bapak Kades, bapak bupati yang telah peduli kepada kami para peternak sapi,” terangnya.

Aswoyo menjelaskan, bantuan arco ini merupakan yang pertama kalinya diterima oleh para peternak sapi di Desa Kalibagor. “Ini yang pertama, sebelumnya tidak ada bantuan seperti ini,” pungkasnya. (Ozi)