BONDOWOSO – Mengisi waktu libur dengan berwisata menjadi kegiatan yang banyak dipilih oleh masyarakat. Nah, tidak hanya ke objek-objek wisata yang sudah ramai pengunjung, berlibur ke desa juga bisa menjadi alternatif mengisi waktu di masa libur panjang ini.

Di Bondowoso, banyak objek-objek wisata berbasis desa yang bisa dikunjungi. Yang sudah cukup terkenal, misalnya, desa wisata Almour di desa Alas Sumur, Pujer, serta desa wisata organik di Lombok Kulon, Wonosari.

Baidawi, pengelola desa wisata Lombok Kulon, mengungkapkan saat libur panjang seperti saat ini, biasanya selalu banyak pengunjung. “Kalau libur panjang, kunjungan biasanya ada peningkatan,” ungkapnya.

Tidak hanya berasal dari Bondowoso, para pengunjung juga berasal dari luar daerah. “Selain belajar tentang pertanian organik, di sini pengunjung akan dimanjakan dengan suasana pedesaan yang sejuk, kuliner khas desa serta bisa main river tubing juga,” jelasnya.

Sementara itu, Slamet Riyadi, pengurus Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Bondowoso, mengungkapkan bahwa banyak alternatif desa wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari yang berbasis keindahan alam, budaya, hingga seni tradisi.

“Kita punya banyak desa wisata. Tinggal menyesuaikan dengan keinginan setiap pengunjung,” paparnya.

Menurutnya, ada beberapa keunggulan berwisata ke desa ini, khususnya bagi orang tua. Yang pertama adalah mengenalkan kepada anak-anak tentang keunggulan-keunggulan yang ada di desa. “Banyak sejarah, budan dan seni tradisi di desa itu yang perlu dilanggengkan,” jelasnya.

Selanjutnya, kata dia, dengan berwisata ke desa, setidaknya pengunjung juga membantu meningkatkan kemandirian desa yang sekarang menjadi cita-cita pemerintah. Mengingat, di desa-desa wisata itu, perputaran pendapatan dari sektor wisata akan langsung dirasakan oleh masyarakat sekitar. (esb)