Share

BONDOWOSO – Beragam destinasi wisata di Kecamatan Ijen menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik. Namun sayangnya, di kawasan tersebut tidak didukung dengan akses internet yang memadai. Padahal keberadaan internet sendiri bisa menjadi ajang promosi wisata murah dan mudah melalui media sosial para pengunjung.

Seperti dijelaskan oleh Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Agung Tri Handono, dirinya telah memberikan catatan kepada Diskominfo agar segera mengusahakan jaringan internet di seluruh tempat wisata di kecamatan Ijen.

Menanggapi hal ini, Kepala Diskominfo, Haeriyah, mengakui bahwa akses jaringan memang sulit di Kecamatan Ijen. Karena pihak operator kesulitan untuk investasi di sana, utamanya dalam pemasangan jaringan yang membutuhkan biaya yang cukup besar.

“Hanya tahun 2017 ini kita sudah berusaha mengajukan proposal ke Kementerian Kominfo untuk bisa mendapatkan anggaran untuk pemasangan jaringan di sana. Entah gimana hasilnya kita masih menunggu,” ungkapnya.

 

Baca Juga : 2016, Kawah Wurung Penyumbang PAD Wisata Tertinggi

 

Selain upaya proposal ke Kementrian Kominfo, pihaknya juga terus menjalin komunikasi intensif ke salah satu operator agar tempat-tempat wisata di kecamatan Ijen untuk bisa terpasang jaringan.

“Meski pun sekarang sudah ada spot-spot wifi seperti di Kawah Wurung, hanya mungkin tidak maksimal. Itu kan kalau ndak salah masih menggunakan jasa pihak ketiga,” paparnya.

Ditanya berapa spot yang sudah dipasang jaringan wifi, Haeriyah mengaku tidak tau persis berapa jumlahnya. Tapi dirinya memastikan bahwa pihaknya telah melakukan survey daerah mana saja yang akan bisa dibangun tower jaringan. (och)