Share

BONDOWOSO – Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso sedang melirik jalan bertebing di Kecamatan Botolinggo untuk dijadikan objek wisata. Belakangan, jalan bertebing itu mendadak ramai dikunjungi warga karena disebut mirip tebing pandawa di Bali.

Kepala Disparpora Bondowoso, Mulyadi, menyebut telah meninjau ke lokasi. Diakuinya tebing berbatu yang disebut oleh warga sekitar ‘pandawa ninggil’ itu memang memiliki pemandangan yang menarik. “Memang viewnya sangat bagus. Bangak angle untuk mengambil foto,” terangnya, Selasa (7/12/2021).

Mulyadi menyebut telah melakukan asesmen awal. Hasilnya akan dijadikan pertimbangan pengembangan. Termasuk mulai melakukan koordinasi dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat yang nantinya akan menjadi pengelola. Hingga saat ini Disparpora belum bisa melakukan tindakan. Sebab, status lokasi tersebut memang masih sebatas jalan umum.

Baca Juga : Cuaca Ekstrem, Pelabuhan Jangkar Ditutup

“Kedepan akan kami kordinasikan dengan kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat apabila ada niatan pengelolaan, sehingga terorganisir,” imbuhnya.

Mulyadi mengungkapkan bahwa Kecamatan Botolinggo tak hanya menyimpan keindahan pandawa ninggil. Melainkan juga memiliki wisata peninggalan pra sejarah seperti gou buto.

“Kalau sudah jadi lokasi wisata yang jelas akan kami lakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Mulai dari perhubungan, kepolisian, dan satpol PP,” pungkasnya. (abr)