BONDOWOSO – Keindahan alam Batu So’on Solor yang terletak di wilayah territorial Desa Solor, Cermee berhasil mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah kabupaten Bondowoso. Akses jalan merupakan kebutuhan dasar untuk mengakses wisata tersebut kini tengah dibangun sejanpang 10,5 Km.

Bupati Bondowoso Amin Said Husni, mengungkapkan bahwa wisata yang akrab disebut Beto So’on sayang ketika tidak diberdayakan sehingga perlu kases yang memadai  untuk menunjangnya. Bupati Amin menyebutkan, ketika akses jalan sudah bagus maka wisatawan tak akan berpikir dua kali untuk mengunjungi objek wisata yang tergolong langka itu.

“Kawasan Desa Solor mempunyai potensi wisata alam yang sangat bagus. Oleh karena itu pemerintah daerah memberikan perhatian dengan dibagunnya infrastruktur agar para wisatawan dapat dengan mudah mengakses wisata ini. Kawasan ini sudah kita kerjasamakan dengan perhutani selaku pemilik lahan,” ungkap Bupati Amin di sela kunjungannya ke obyek wisata Batu So’on Solor, Senin, (2/10/2017).

 

Baca Juga : Kementerian PUPR Usulkan Akses Jalan Wisata Beto So’on Jadi Percontohan Nasional

 

Setelah akses jalan, Pemkab Bondowoso akan terus memacu pengembangan destinasi tersebut. Bupati Amin telah menginstruksikan kepada Dinas terkait dan Pemerintah Desa setempat untuk bersinergi dalam pengembangannya.

“Dinas Pariwisata telah membangun fasilitas untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Diskoperindag juga akan membuat fasilitas untuk memberikan kesempatan bagi pedagang kecil untuk berjualan makanan dan minuman maupun souvenir. Sehingga menjadi  kawasan wisata terpadu dan menjadi wisata unggulan,” tambahnya.

Sementara Kepala desa Solor Supandi, bersyukur karena kekayaan alam Desanya mendapatkan bantuan maksimal oleh Pemkab. Ia berharap agar hal ini dipandang sebuah peluang besar oleh warganya untuk memulai berdagang di sekitar lokasi wisata seperti apa yang juga diharapkan Bupati Bondowoso.

“Alhamdulillah wisata alam di kawasan desa ini mendapatkan dukungan besar dari Pemerintah Kabupaten. Tentu ini bisa dimanfaatkan oleh warga desa Solor apalagi jalannya sudah nyaman tidak seperti dulu,” pungkas Supandi. (abr)