BONDOWOSO – Ijen Trail Running (ITR) kembali digelar di Kabupaten Bondowoso. Kegiatan yang rutin diselenggarakan dan sudah memasuki tahun ketiga ini digelar pegunungan Ijen tua, Kecamatan Ijen, Bondowoso.

Menurut Bupati Amin Said Husni, kegiatan ini digelar dalam rangka menaikkankunjungan wisatawan di Bondowoso. Selain itu juga menjadi ajang promosi Kawah Ijenyang terkenal dengan blue fire-nya. “Khususnya seperti tagline pariwisata kita TheHighland Paradise” katanya.

Yang pasti, kata dia, karena ITR ini merupakan rangkaian Asian Trail Master akanmembawa dampak positif terhadap popularitas Bondowoso. Khususnya di kalangan pecintaultra trail atau lari jauh lintas alam.Dampak lain yang bisa dirasakan yakni berkaitan dengan Ekonomi di Bondowoso. Diantaranya tingkat kunjungan dan hunian penginapan akan bertambah. Dan peningkatanekonomi masyarakat sekitar juga akan terasa.

Ijen Trail Running 2017 ini diikuti 15 negara di antaranya, Indonesia, Malaysia,Thailand, Singapura, Filipina, Vietnam, Jepang, Cina, USA, Norwegia, Spanyol,Prancis, Australia, Belgia dan Jerman.

Total peserta dalam kegiatan ini ada 467 orang. Dengan rincian 100Km 32 peserta, 70km69 peserta, 42km 172 peserta, dan 21 km 91 peserta. Jumlah tersebut meningkat daritahun sebelumnya yang hanya 312 peserta. (och/esb)