Bondowoso – KONI Bondowoso mengagendakan kejuaraan balap sepeda berskala nasional. Balap sepeda tersebut akan mengambil rute start di monumen Gerbong Maut dan finish di kawasan gunung Ijen, Kecamatan Ijen, Bondowoso.

Huzaini Efendi, Ketua KONI Bondowoso menjelaskan, agenda balap sepeda berskala nasional itu akan digelar selama dua hari. Yaitu tanggal 22-23 April 2017.

“Hari Sabtu tanggal 22 April itu rutenya dari monumen Gerbong Maut lalu finis di kawasan Gunung Ijen. Jarak tempuhnya sekitar 67 kilometer untuk kategori senior,” ujarnya kepada Memo Indonesia, Rabu (29/3/2017).

Sementara untuk hari kedua, lanjut dia, peserta akan melakukan balap dengan rute di kawasan kota Bondowoso.

Kejuaraan selama dua hari itu, menurutnya akan mengikutsertakan tiga kategori. Yaitu kategori senior putra dan putri, kategori junior putra dan putri, serta kategori pemula putra dan putri.

Diharapkan, kejuaraan ini mampu meningkatkan prestasi atlet-atlep balap sepeda Bondowoso. Khususnya di kalangan yunior yang dipersiapkan untuk mengikuti ajang Porprov 2019.

Selain itu, kejuaraan ini juga diharap mampu memperkuat promosi pariwisata. Mengingat balap ini juga mengambil rute Bondowoso – Ijen. Seperti diketahui, Ijen juga menjadi salah satu objek andalan pariwisata Bondowoso. Termasuk juga objek-objek lain di kawasan Kecamatan Ijen.

“Kejuaraan ini juga menjadi bagian dari Ijen Festival yang merupakan agenda rutin dari Pemkab Bondowoso,” pungkasnya. (esb)