Share

JAKARTA – Dua atlet paralayang putri asal Jawa Timur berhasil meraih dua podium tertinggi saat bergabung dalam Timnas Indonesia di Para Gliding Accuracy World Cup (PGAWC) seri kedua, akhir pekan lalu di Pegunungan Vrsac, Serbia.

Nama Rika Wijayanti asal Malang, Jawa Timur mampu merebut juara kelas putri di kejuaraan ketepatan mendarat tersebut. Selanjutnya ada nama Ike Ayu Wulandari yang juga rekan satu daerah dengan Rika, mampu meraih juara kedua bersama Milica Marinkovic dari Serbia akibat nilai yang diraih sama.

Ike dan Rika adalah atlet paralayang masa depan Indonesia. Di usia yang masih belia, keduanya digadang-gadang masuk untuk mewakili Indonesia di ajang Asian Games 2018. Kehadiran mereka diharapkan akan meneruskan
generasi emas tim Sea Games Indonesia 2011, yang kala itu mampu merebut 10 dari 12 medali emas.

Dominasi Tim Nasional Indonesia tidak hanya disitu saja, pasalnya Tim Garuda Prima 2 yang diisi oleh Indra Lesmana, Ardi Kurniawan, Hening Paradigma, dan Thomas Widyanto mampu menjadi yang terbaik di kelas beregu.

Dalam Kejuaraan seri kedua PGAWC Serbia ini berhasil diikuti oleh 111 pilot yang tersebar dari 20 Negara berbeda.

Keikutsertaan Tim Nasional Paralayang Indonesia pada PGWAC 2017 merupakan salah satu ajang persiapan Asian Games 2018. Dengan bermodalkan kekuatan atlet yang pernah meraih gelar juara dunia pada cabang olahraga Paragliding Accuracy. Manager Tim Nasional Wahyu Yudha, seperti dikutip Antara menyampaikan optimismenya yang cukup tinggi terhadap peluang Indonesia.

PGAWC dimulai dari Manado di Indonesia merupakan rangkaian kejuaran yang diselenggarakan di berbagai belahan dunia termasuk di Serbia. Berdasarkan hasil seri ke-1 PGAWC di Manado dan seri ke-2 PGAWC di Serbia, Tim Nasional Indonesia berhasil menduduki peringkat atas dan memiliki peluang besar untuk menjadi juara dunia. (esb)