Share

SITUBONDO – Perahu jenis Slerek yang diberi nama Rampok Jaya, milik Masirun (57), warga Dusun Mimbo Timur, RT/RW : 03/02, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, tenggelam di Perairan Mimbo, Situbondo, Jumat (14/1/2022).

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriyono mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. “Dimana perahu itu berangkat melaut pukul 01.00 WIB dini hari. Dengan membawa 15 anak buah kapal (ABK),” ucapnya.

Puriyono mengatakan, perahu tersebut mencari ikan di perairan Mimbo yang berjarak sekitar 1 Mil dari daratan. “Saat perahu mendekati lokasi, tiba-tiba angin kencang dan gelombang tinggi datang. Sehingga perahu mulai kehilangan keseimbangan dan miring,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Puriyono menyampaikan, sekitar pukul 05.00 WIB, badan perahu sudah dalam keadaan terbalik dan mulai tenggelam. “Para nelayan berpegang perahu dan benda-benda yang bisa menyelamatkan mereka,” tegasnya.

Lebih jauh, Puriyono menjelaskan, sekitar pukul 06.00 WIB, datang perahu nelayan lain yang kebetulan melintas di perairan tersebut. “Sehingga para ABK langsung ditolong. Kemudian mereka dibawa ke daratan,” pungkasnya.

Puriyono menuturkan, beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka akibat peristiwa tersebut. “Namun perahu beserta perlengkapan pancing mengalami kerusakan. Sehingga pemilik menderita kerugian yang cukup besar. Yakni sekitar Rp 250 juta,” pungkasnya. (Ozi)