Share

SITUBONDO – Pemerintah Desa Tokelan, Kecamatan Panji berkomitmen untuk menjadikan desanya bebas sampah.

Komitmen itu salah satunya diwujudkan dengan melaunching kendaraan pengangkut sampah, pada Selasa (11/1/2022).

Menurut Kepala Desa Tokelan, Missuri, ada dua unit kendaraan pengangkut sampah berupa hand traktor. Masing-masing dilengkapi dengan tiga gerobak sampah.

“Program ini terencana karena ada beberapa usulan dari masyarakat dan sejalan dengan program desa untuk menjadikan Desa Tokelan sebagai desa yang bersih dan bebas dari sampah,” katanya.

Ia menyebutkan, bahwa pihaknya tentu bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup setempat. Karena seluruh sampah yang tiap hari diangkut oleh petugas sampah akan dibuanh di pos sampah desa dan selanjutnya diambil lagi oleh petugas dari DLH.

“Kalau sumber dananya, dari dana desa tahun anggaran 202,” jelasnya.

Baca Juga : Umroh untuk Indonesia Kembali Dibuka, Pelaku Travel Bondowoso ‘Wait and See’ Kepastian Harga

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Usman mengapresiasi program Desa Tokelan untuk menjadikan desa yang bersih dari sampah.

” Tentu program tersebut kami dukung. Jika dalam sebuah desa kebersihan lingkungannya sudah terjamin, tentu kesehatan masyarakatnya juga terjamin,” kata Usman.

“Semoga program seperti Desa Tokelan ini bisa menjadi percontohan bagi desa lain,” pungkasnya.

Saat launching pelepasan kendaraan pengangkut sampah turut hadir, Camat Panji H Syaful Bahri; Sekcam Dillis Roby Kurniawan; Babinsa Koramil Panji dan Babinktibmas Panji.(Ipung)