Share

SITUBONDO – Personel Gabungan Polres Situbondo yang terdiri dari Resmob, Satreskrim dan Unit 4 Intelkam berhasil membekuk EB (53), warga Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, pelaku spesialis pencurian meteran dan pipa air milik PDAM Tirta Baluran, Situbondo, Kamis (6/1).

Kasi Humas Polres Situbondo, Iptu Achmad Sutrisno mengatakan, dari keterangan yang didapat, pelaku telah beraksi ratusan kali. “EB ini melakukan pencurian sebanyak 132 kali di 23 TKP,” ujarnya.

Iptu Achmad Sutrisno menambahkan, lokasi EB melakukan pencarian tersebut diantaranya, di Desa Kalibagor, Kotakan, Tenggir, Alasmalang, Curah Jeru, Dusun Karangasem, Kelurahan Dawuhan, PG Wringin Anom, Perum Grenhill, Baiti Jannati, Panorama, Panji Permai, Pasar Sumberkolak, Jalan Raya Sucipto, Anggrek, Basuki Rahmat, Semeru, Merpati, WR Supratman, Argopuro, Madura, Melati, Semeru. “Kita masih dalami lagi, apakah ada TKP yang masih belum disebutkan oleh pelaku,” imbuhnya.

Iptu Achmad Sutrisno mengungkapkan, kronologi pengungkapan kasus tersebut bermula saat, petugas PDAM Tirta Baluran, Situbondo mendapat laporan dari pelanggan yang meteran airnya dicuri oleh pelaku. “Kuat dugaan dia ini melancarkan aksinya saat korban sedang istirahat, dengan cara merusak pipa yang terhubung ke meter air,” ucapnya.

Baca Juga : Bupati Salwa Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Award 2020

Lebih lanjut, Iptu Achmad Sutrisno menjelaskan, keterangan pihak PDAM Tirta Baluran, mereka menerima laporan kehilangan kehilangan meteran air sebanyak 336 Meter. “Dimana itu terjadi sejak tahun 2020 hingga tahun 2022. Dengan kerugian sekitar Rp 142.800.000,” tegasnya.

Iptu Achmad Sutrisno menyampaikan, menerima laporan tersebut, pihaknya langsung melakukan penyelidikan dengan memeriksa keterangan saksi-saksi dan rekaman CCTV. “Saat dilakukan pengecekan Nopol kendaraan terduga pelaku ke petugas Samsat, diketahui pemiliknya adalah EB. Dimana dia ini adalah mantan karyawan PDAM,” bebernya.

Iptu Achmad Sutrisno menerangkan, saat ini pelaku beserta barang bukti sudah berada di Mapolres Situbondo. “BB yang berhasil kita sita dari tangan EB diantaranya, satu sepeda motor warna hitam dengan Nopol P-5902-ET, satu buah helm warna merah, alat Meter air 6 buah, patekol, dan kran air 19 buah. Untuk kejahatnnya dijual ke pedagang besi tua di Kecamatan Panji,” pungkasnya. (Ozi).