BONDOWOSO – Dinas Kesehatan Bondowoso menetapkan dusun Blawan, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen menjadi Kampung Asi. Dipilihanya, dusun ini karena progres kesadaran akan pentingnya pemberian ASI ekslusif meningkat. Selain itu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakatnya lebih banyak dibanding dusun lain di Kecamatan Ijen.

Dr. Moh Imron, MMKes, Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso, menjelaskan, alasan lainnya yakni karena di desa itu semua ibu hamil telah melahirkan di tenaga kesehatan. Dipastikan juga tak ada satu pun toko yang menjual susu formula untuk bayi berusia 0 – 6 bulan.

“Asi eksklusifnya itu kalau dibandingkan tahun kemarin jumlahnya itu tetap secara waktu. Kalau ASI eksklusif itu ada yang lulus ada yang baru. Tapi kalau dari akhir tahun itu lebih tinggi dibanding tahun kemarin,” jelasnya.

Ia menjelaskan dengan ditetapkannya dusun Blawan sebagai Kampung Asi maka ke depanya ada komitmen bersama antara stakeholder terkait di desa tersebut untuk menggerakkan pentingnya memberi ASI eksklusif. Selain itu, juga ada kelompok pendukung ASI yang nantinya akan memantau pemberian dan edukasi tentang ASI eksklusif.

 

Baca Juga : 364 Anak Bondowoso Dapat Tabungan Sosial

 

“Mereka itu kebanyakan ibu-ibu hamil dan ibu-ibu yang menyusui, nanti mereka akan memberikan penyuluhan kepada kelompok yang lain tentang pentingnya ASI,” paparnya.

Menurutnya, keberadaan kampung ASI sekaligus merupakan bagian dari upaya untuk menekan AKI dan AKB di Bondowoso. Karena dalam pemberian ASI ekslusif itu ada dampak positif terhadap kesehatan bayi dan ibunya.

“Secara hormonal, hormon yang untuk merangsang mengeluarkan ASI itu bisa untuk mengecilkan rahim. Jadi otomatis akan cepat menurunkan pendarahan. Sementara bayinya,  begitu ASI yang kentel pertama kali itu mengandung antibodi yang pasti bisa meningkatkan kesehatan bayinya,” pungkasnya. (och)