Share

 

BONDOWOSO – Bupati Amin Said Husni mengajak masyarakat untuk mengikuti pelaksanaan Pilkada serentak 28 Juni 2018 mendatang dengan riang gembira. Karena pelaksanaan Piilkada ini hakekatnya merupakan sebuah peristiwa yang sakral.

Ia menjelaskan, disebut sakral karena pada Pemilukada ini masyarakat akan memilih pemimpin, yang padanya akan diserahkan amanat dan kepercayaan untuk memimpin pembangunan Bondowoso selama lima tahun ke depan.

“Maka saya mengajak seluruh masyarakat Bondowoso untuk mengikuti dan menyuksekan Pemilukada dengan satu tekat dan komitmen untuk terus mendorong kemajuan Bondowoso di masa yang akan datang,” demikian disampaikan oleh Bupati Amin Said Husni dalam sambutannya di acara Launching Pemiihan Bupati dan Wakil Bupati 2018, di Alun-alun Ki Bagus Asra, Sabtu malam (2/12).

Selain acara sakral, kata Bupati Amin, Pemilukada pada hakikatnya adalah pesta demokrasi.seluruh masyarakat yang punya hak pilih akan menggunakan hak konstitusional, hak demokrasinya secara langsung, umum, bebas, rahasia.

“Sebagai sebuah pesta demokrasi, saya mengajak seluruh masayrakat Bondowoso untuk mengikuti dan menyukseskan Pilkada dengan riang gembira untuk mengekspresikan hak-hak konstisusional kita, untuk menyalurkan hak-hak demokrasi kita,” paparnya.

Ia pun mengingatkan agar sebuah pesta demokrasi tidak diikuti i dengan penuh permusuhan, apalagi menggunakan hujatan, hate speech, atupun fitnah dan kampanye –kampanye hitam yang dapat mencederai keskaralan dan keriang gembiraan Pemilukada.

“Kita gunakan hak pilih kita, kita dukung orang yang kita ingin berikan kepercayaan, tanpa harus menistakan, mencaci, menghujat atau pun mendiskreditkan calon lain yang belum menjadi pilihan kita,” ujarnya

Bupati pun memastikan bahwa pihaknya akan mendukung penuh KPU Bondowoso dalam memenuhi target partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen.

Usai memberikan sambutan, Bupati Amin Said Husni bersama kelima Komisioner KPU Bondowoso serta perwakilan dari KPU Provinsi Jawa Timur memencet tombol sirine, sebagai tanda bahwa tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2018 sudah dimulai.

Hairul Anam, Ketua Komisioner KPU Bondowoso, dalam sambutannya memaparkan kegiatan launching Pilkada ini merupakan bukti proses akuntabilitas KPU Bondowoso untuk menyelenggarakan semua tahapan pelaksanaan Pilkada 2018. Sekaligus, ini menjadi tonggak sejarah pelaksanaan tahapan Pilkada 2018 secara resmi dibuka, meski pun sebenarnya pelaksanaan tahapan Pilbup sudah dilaksanakan mulai Juni 2017.

“Terselenggaranya acara ini maka secara simbolis pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati akan dilaksanakan,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini beberapa tahapan telah dilakukan seperti merampungkan proses perencanaan anggaran pelaksanaan Pilkada 2018, pembuatan juknis yang menjadi pijakan dalam melaksanakan semua tahapan Pilkada, termasuk penetapan persyaratan minimal syarat dukungan calon perseorangan serta pendaftaran calon perseorangan hingga 29 November 2017.

Selanjutnya, KPU Bondowoso, kata Hairul Anam, masih akan dilakukan proses pemuktahiran data pemilih, sosialisasi tahapan Pilkada, kemudian pencalonan (8-10 Januari 2018), kampanye, pelaksanaan dan rekapitulasi.

Dalam acara Launching Pemiihan Bupati dan Wakil Bupati 2018 dihadiri oleh seluruh Forpimda (Forum Pimpinan Daerah) Bondowoso, Lima Komisioner KPU Bondowoso, serta Komisioner KPU Provinis Jatim Divisi SDM dan Permas, Gogot Cahyo Baskara. (och)