Bondowoso – Pemerintah Kabupaten Bondowoso menyelenggarakan festival Ijen 2017. Berbagai acara menarik diadakan mulai tanggal 22 April hingga 15 Oktober 2017. Dengan tema “Bondowoso Adventure Tourism”, berbagai rangkaian di dalamnya sayang untuk dileawatkan.

Sedikitnya ada 18 agenda kegiatan yang diadakan dalam rangka untuk mempromosikan potensi wisata dan keindahan alam pegunungan Ijen kepada masyarakat. Ada event yang rutin digelar setiap tahun, namun ada beberapa kegiatan baru yang akan dilaksanakan.

Beberapa kegiatan di antaranya adalah Road to Ijen yang sudah berlangsung tanggal 22-23 April 2017. Kegiatan balap sepeda ini salah satunya mengambil rute Bondowoso – Kecamatan Ijen.

Selanjutnya adalah Mt. Ijen Super Gravity yang akan dilangsungkan pada 30 April 2017. Kegiatan berbasis olahraga downhill ini akan mengambil rute Puncak Megasari di Kecamatan Ijen dan finish di Solor Cermee.

Ijen Trail Running menjadi agenda berikutnya. Dilangsung pada 20-21 Mei 2017, event lari lintas alam yang sudah masuk kalender Asian Trail Master ini sudah memasuki tahun ketiga. Peserta akan berlari sambil menikmati dataran tinggi kecamatan Ijen.

Yang tak kalah menariknya adalah Festival Layang-Layang yang digelar 27 Agustus 2017 di Kawah Wurung, Kalianyar, Ijen. Aneka layang-layang cantik akan menghiasi langit kawah wurung yang pastinya akan semakin memanjakan pengunjung yang datang.

Festival Kopi Nusantara yang akan digelar pada 8-10 Oktober 2017 menjadi agenda berikutnya. Kualitas kopi arabika Bondowoso yang kini makin masyhur akan diadu dengan kopi-kopi terbaik dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini rencana digelar di Alun-alun Bondowoso.

Jazz de Ijen, yang sudah memasuki tahun ketiga diagendakan berlangsung pada 7 Oktober 2017. Dipanggungkan di dataran tinggi kecamatan Ijen, gelaran Jazz de Ijen ini dari tahun ke tahun makin ditunggu penggemarnya.

Ijen Flying Fest akan menjadi agenda selanjutnya yang rencananya digelar 14-15 Oktober 2017. Memadukan unsur tourism dan olahraga berbasis dirgantara, Ijen Flying Fest tahun ini akan dipastikan berlangsung semakin meriah karena dipadukan dengan grand final kejuaraan Paragliding Trip of Indonesia (TroI) 2017. Kegiatan ini tetap mengambil site di puncak Megasari.

Kepala Dinas Komunikasi dan Inform Kabupaten Bondowoso, mengungkapkan bahwa dalam Ijen Festival 2017 ada beberapa event yang merupakan event baru. Seperti halnya Mount Ijen Super Gravity dan Festival Layang-layang.
Tentunya berbagai event yang baru ini bisa menambah ramai Bondowoso dengan pengunjungnya. Sebab di berbagai event itu, ada daya tarik tersendiri, selain menarik bagi para penghobi olahraga, juga menarik bagi masyarakat.

“Pemerintah akan menyiapkan sebaik mungkin beragam event tersebut. Mari datang ke Bondowoso dan nikmati beragam kegiatan menarik di Ijen Festival 2017,” jelasnya. (och/esb)