Share

PROBOLINGGO, KOTA – Dinas Kominfo Kota Probolinggo menggelar workshop open source, yang berguna untuk pemanfaatan software legal oleh masyarakat.

Dari pantauan awak media, sekitar 150 orang yang hadir di aula Disdikpora, yang meliputi perwakilan pelajar SMP dan SMA se-kota serta tenaga TIK masing-masing OPD Kota Probolinggo.

“Hal ini guna membangun dan menumbuhkan semangat komunitas open source,” kata Kabid Layanan e-Gov Diskominfo, Rudi Hermanto, tadi siang.

Pihaknya berharap para peserta bisa mengaplikasikan ilmu yang dibagikan oleh narasumber. Ia juga berharap pemerintah dan masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas software legal, melalui pengembangan dan pemanfaatan Open Source Software (OSS) ini.

“Ini merupakan upaya Pemerintah untuk menumbuhkan, meningkatkan dan memperkuat peran komunitas Open Source sehingga ikut berperan serta dalam pembangunan demi kemajuan bersama masyarakat Kota Probolinggo,” imbuhnya.

Sementara itu narasumber berasal dari Kelompok Linux Arek Suroboyo (KLAS), Darian Rizaludin, mengataka dengan materi pengenalan open source melalui komunitas lokal ini, akan mengajak peserta untuk membentuk komunitas open source yang diisi dengan hal-hal positif.

“Anak jaman now itu bisa berorganisasi melalui FOSS. Penggunaan TIK bukan untuk permainan saja, tapi manfaatkan semaksimal mungkin sebagai pendukung keahlian yang dimiliki. Mulailah bersama kawan menggelar pesta rilis yang bisa mendukung pembangunan dan kemajuan daerah,” kata pria yang juga kontributor penerjemah libre office Indonesia.

Para pelajar sendiri merasa termotivasi mengikuti jejak narasumber. Beberapa diantaranya sudah berpikir gabung bersama komunitas lokal atau menimba ilmu lebih lanjut untuk mengembangkannya. (afu)