SURABAYA – Sekitar 6.000 an warga Kota Surabaya membanjiri Lapangan Makodam dengan adanya pemutaran fim G30 S/PKI yang disajikan Kodam V/Brawijaya, kemarin. Hal itu, sesuai dengan perintah langsung yang dikeluarkan oleh Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beberapa hari lalu kepada seluruh satuan di jajarannya untuk menggelar nonton bareng (nobar) film tersebut.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya, Kolonel Arh Sinthu Bas Ignatius mengatakan, pemutaran film bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat terutama generasi muda tentang sejarah kelam yang selama ini pernah terjadi di Indonesia.

“Kita hanya memberikan wawasan tentang sejarah kepada masyarakat, tidak ada maksud dan tujuan lain. Apalagi, diputarnya film ini sesuai instruksi langsung dari Panglima TNI,” katanya seusai nonton bareng.

Selain bertujuan untuk memberikan wawasan, ditambahkannya pemutaran film tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai berkembangnya bahaya laten komunis.

“Melalui ini, masyarakat khususnya para pemuda akan paham terhadap ancaman bahaya laten itu,” pungkasnya.

Pantauan di lapangan, pemutaran fim G30 S/PKI Di Kodam V/Brawijaya berjalan dengan tertib dan lancar, Warga nampak sangat antusias dan memang malam itu tampak lain dari malam biasanya. Pemutaran film berdurasi sekitar 215 menit itu juga dihadiri oleh seluruh pejabat teras Kodam V/Brawijaya dan beberapa Komandan Satuan di jajaran Kodam V/Brawijaya. (sga)