Share

BONDOWOSO – Pemerintah desa Kalisat, Kecamatan Ijen, sangat antusias menyambut rencana pengaspalan di dusun Pedati sebagai upaya untuk membuka akses jalan dari Situbondo menuju objek wisata Kawah Ijen. Terlebih lagi, pengaspalan dipastikan akan tuntas pada akhir tahun 2018.

Kepala Desa Kalisat, Siswanto, saat menemani Plt Sekda Bondowoso Karna Suswandi meninjau langsung jalan yang akan di aspal pada Selasa (20/2), mengatakan, dengan diasplanya jalan di kawasan tersebut akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi sekitar 160-an KK yang tinggal di dusun Pedati. Selain itu, perbaikan infrastruktur jalan ini juga bisa mempermudah akses masyarakat yang hendak mendapatkan pelayanan dasar, utamanya kesehatan.

“Poskendes di sini ada, tapi itu kalau ada masyarakat yang mau melahirkan itu kalau tengah malam Bidannya ya naik kesini. Tapi kalau mau melahirkan dan perlu di bawa ke rumah sakit itu, kasian masyarakat sini,” jelasnya.

Baca Juga : Bondowoso-Situbondo Selesaikan Pengaspalan ke Kawah Ijen Akhir 2018

Selanjutnya, kata Siswanto, pihaknya akan mulai mempersiapkan destinasi wisata baru di sekitar dusun Pedati. Mengingat dusun tersebut merupakan satu-satunya dusun yang ada di puncak gunung atau di atas awan.

“Satu dusun ada di puncak gunung, yang lima dusun ada dibawah. Di Desa Kalisat itu ada enam dusun. Nanti di sini akan jadi Pedati (Pesona Dataran Tinggi),” ujarnya.

Sementara itu, Plt Sekertaris Daerah Karna Suswandi menguraikan pemandangan di dusun Pedati ini  sangat bagus dan kedepan berpotensi untuk dikembangkan menjadi sebuah wisata baru di Bondowoso.

Seperti diketahui, Kabupaten Bondowoso dan Situbondo sepakat pada akhir 2018 akan menyelesaikan pengaspalan di perbatasan kedua kabupaten tersebut, tepatnya di dusun Pedati, Kabupaten Bondowoso dan desa Kayumas, Kabupaten Situbondo. Percepatan ini dilakukan untuk membuka akses para wisatawan dari Situbondo yang hendak melancong menuju destinasi wisata Kawah Ijen. (och)