Share

BONDOWOSO – Gempa berkekuatan magnitude 6,2 SR mengguncang Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Selasa (6/12/2022) siang. Getaran gempa terasa hingga Kabupaten Bondowoso.

Informasi dihimpun dari BPBD Bondowoso, bahwa BMKG mencatat lokasinya berada pada 10.75 LS,113.42 BT. Atau berada di 284 kilometer barat daya Kabupaten Jember.

Getaran gempa terasa hingga Kabupaten Bondowoso ini diketahui dari pernyataan sejumlah masyarakat.

Seperti diterangkan oleh M. Rois, warga Desa Banyuwulu, Kecamatan Wringin.

Ia mengaku saat terjadi gempa dirinya tengah mengikuti rapat di Kantor Desanya. Namun, sekitar pukul 13.00 terjadi getaran.

“Tadi saya lompat dari kursi, karena meja dan kursi yang saya duduki hingga bergetar,” kata pria asal kawasan barat Bondowoso itu.

Senada disampaikan, Tantri Raras, warga Kecamatan Tegalampel, yang mengaku merasakan getaran gempa di rumahnya.

Karena ketakutan, dirinya berlari sembari menggendong anaknya ke luar rumah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Dadan Kurniawan menerangkan, di Bondowoso juga terasa getaran gempa. Hanya beberapa detik saja.

Beruntung tak ada kerusakan di wilayah-wilayah Bumi Ki Ronggo.

Baca Juga : Buka Rakor UKS/M, Sekda Situbondo Minta Agak Ajak Pelajar Terapkan PHBS

Kendati begitu, pihaknya tetap menggali informasi kepada beberapa pihak yang terkait. Baik Pemerintah Kecamatan, Polsek, hingga Koramil.

“Pak Sekda pun meminta stake holder terkait hingga tataran bawah, untuk selalu berkoordinasi dengan BPBD dan meningkatkan kesiapsiagaan apabila terjadi gempa susulan nantinya,” katanya.

Ia pun meminta masyarakat untuk tetap tenang, terhadap berbagai isu-isu bohong. Serta, masyarakat juga diminta bila terjadi gempa susulan. Hendaknya, masyarakat segera berlindung tempat terbuka dan aman.

“Gempa yang terjadi di Kabupaten Jember apabila terjadi efek di Kabupaten Bondowoso semua potensi bisa terjadi di semua kecamatan. Namun demikian tetap tenang, dan meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya.(Och)