Share

BONDOWOSO – Masyarakat di Kelurahan Badean, Kecamatan Bondowoso melakukan penghijauan dengan menanam ribuan bibit pohon, Kamis (5/1/2023).

Penanaman dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, bersama anggota DPRD fraksi PDIP, Irsan Mawandra Bachtiar Rahmat. Serta, Anggota DPRD Fraksi Golkar, Kukuh Rahardjo di di daerah Makam RT.09 RW.07, Tegal Batu.

Wabup Irwan mengatakan, penanaman bibit pohon jenis buah-buahan itu dilakukan di tiap-tiap rumah warga. Selain itu, penanaman bibit-bibit pohon penyangga juga dilakukan di daerah-daerah yang rawan longsor karena erosi.

” Ya itu ada beberapa jenis tanaman seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Cabang Kehutanan untuk wilayah Jawa Timur, ” katanya.

Untuk itu, Wabup Irwan mengapresiasi upaya reboisasi yang dilakukan oleh Kelurahan Badean. Karena selain mencegah erosi, tanaman buah-buahan tersebut juga bisa bermanfaat bagi warga setempat secara ekonomi.

” Jadi one produk one home. Ini bisa menambah pendapatan keluarga, ” lanjutnya.

Sehingga, Wabup juga menegaskan kepada semua pihak agar mereplikasi hal serupa di wilayahnya masing-masing.

” Tadi saya perintahkan Pak Camat Kota untuk supaya mereplikasi apa yang dilakukan oleh Kelurahan Badean ke semua kelurahan, ” bebernya.

Baca Juga : 85 Anggota PPK Dilantik, Bupati Situbondo Minta Sekda Siapakan Tempat yang Layak

Apresiasi juga datang dari Anggota DPRD Fraksi Golkar, Kukuh Rahardjo.

Ia mengatakan, dengan sedikit menanam ini sangat berarti. Karena, bisa menghasilkan oksigen, serapan air di tanah jadi semakin tinggi.

“Pencegahan bencana-bencana lain bisa teratasi,” ujarnya.
Ia berharap kegiatan ini hendaknya tak dilihat dari jumlahnya yang sedikit. Melainkan, perlu diduplikasi di tempat yang lain.

Sementara itu, Plt. Lurah Badean, Yashinta G Ditriyanti mengatakan, ada sekitar 100 bibit pohon yang terdiri dari bibit pohon durian, asam, lamtoro dan sengon tersebar di semua wilayah di Kelurahan Badean.

Informasi dihimpun menerangkan, bahwa kegiatan tersebut juga turut diinisiasi oleh FORKOM antar RT RW di kelurahan setempat.(Och)