BONDOWOSO – Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat sangat mempengaruhi kemajuan dalam segala bidang. Baik ekonomi, pendidikan, pelayanan publik maupun pembangunan daerah.

Namun demikian, masalah yang sering muncul saat ini terhadap perkembangan informasi yaitu kurangnya kompetensi sumber daya manusia dalam mengembangkan dan memanfaatkan teknologi yang tersedia.

Kebanyakan masyarakat berorientasi pada cara-cara lama atau manual, padahal dunia teknologi yang semakin modern dan pesat telah membuka peluang masyarakat.

Karena itulah, Kementerian Kominfo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bondowoso menggelar kegiatan pelatihan dan sertifikasi kompetensi berbasis SKKNI bidang informatika bagi angkatan kerja muda.

Demikian dituturkan oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat sebagaimana menyitir sambutannya, dalam acara yang digelar di di Memberamo Meeting Room lantai 6 Hotel Grand Padis Bondowoso, Selasa (23/2).

 

Baca Juga : Pastikan Bebas Narkoba, Ratusan Personil Polres Bondowoso Ikuti Tes Urine

 

Ia menerangkan, kegiatan itu merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk bersaing di era saat ini, khususnya era digitalisasi dan globalisasi.

“Untuk memperluas wawasan pengetahuan dan tidak menutup kemungkinan menjadi sebuah peluang usaha,” jelasnya.

Menurutnya, penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini mampu mengarahkan peserta agar dapat memiliki kompetensi dan kemampuan teknologi informasi yang berkualitas.

“Dan memiliki daya saing di dunia kerja, baik secara lokal maupun global,” harapnya.

Tak hanya itu, Wabup Irwan pun berharap agar para peserta pelatihan mengikuti dengan penuh semangat, disiplin, serius, pantang menyerah dan raih prestasi.

“Dan tunjukkan kemampuan yang dimiliki dengan tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan,” tutupnya.(och)