Lumajang – Dalam momentum Peringatan Hari Kartini, Wakil Bupati Lumajang dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes menyampaikan pada kaum hawa, khususnya ibu-ibu agar senantiasa menjaga penampilan diri.

Menurutnya, penampilan itu sangatlah penting bagi kaum hawa. Karena hal itu merupakan satu diantara empat hal yang harus dijaga dengan baik oleh seorang wanita atau ibu. Empat hal yang dimaksud adalah penampilan, sikap, etika, dan komunikasi.

“Boleh bagus tapi masih dalam batas wajar,” katanya saat memberikan sambutan dalam Seminar Kesehatan dan Kecantikan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lumajang di Gedung Sujono, Selasa (18/4) tadi siang.

Karena, bagaimanpun juga, kata Wabup, kecantikan seorang istri hanya untuk sang suami saja. Sehingga jika dalam berpenampilan benar-benar harus dijaga dengan baik. Tidak boleh sampai malah mengundang hal negatif. “Seumpama berhijab, ya harus benar-benar berhijab, auratnya tertutup,” ujarnya.

Wabup juga mengingatkan pada semua wanita agar tidak mudah mengumbar foto narsis di media sosial. Karena hal itu nantinya juga bsia berdampak buruk. Apalagi jika posenya mengandung hal yang tidak pantas.

“Hati-hati kalau narsis, apalagi kalau diunggah di facebook nanti dilihat banyak orang,” ungkapnya.

Wabup lebih mengatakan, tidak kalah pentingnya yang harus dijaga oleh wanita selain penampilan, adalah sikap. Seorang wanita harus menjaga sikap dengan baik. Harus bisa bersikap ramah pada semua orang serta mampu menempatkan diri.

“Kemudian harus beretika juga pada semua orang,”ungkapnya.

Yang terakhir, lanjut Wabup, adalah harus mampu berkomunikasi dengan baik.

Di era teknologi yang sudah maju dan berkembang dalam berkomuniasi sangatlah muda. Namun tetap saja, semua orang dituntut untuk tetap bisa berkomunikasi dengan baik antar satu dengan yang lain.

“Di momentum Hari Kartini ini, kaum ibu-ibu harus bisa mencontoh dan meghargai jasa R.A Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita,” pungkasnya.(cho)