BONDOWOSO – Seluruh anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota/Kabupaten se-Indonesia mengikuti pelantikan di Hotel Bidakara Jakarta, (15/8) kemarin. Pelantikan tersebut diikuti oleh 1.914 anggota dari seluruh Indonesia, lima diantaranya termasuk dari Kabupaten Bondowoso.

Ke lima Anggota Bawaslu tersebut  diantaranya, Fricas Abdillah, Muhammad Hasyim, Ahmad Basyari, Ridwantoro, dan Mohammad Makhsun. Mereka telah dinyatakan lolos seleksi setelah Bawaslu RI melayangkan pengumuman calon anggota badan pengawas pemilihan umum Kabupaten terpilih, masa jabatan 2018-2023 tanggal 13 Agustus lalu.

Dikonfirmasi hal tersebut, salah satu anggota Bawaslu Bondowoso, Muhammad Hasyim mengatakan, bahwa dirinya sangat bersyukur telah terpilih menjadi salah satu calon anggota Bawaslu Kabupaten Bondowoso.

“Alhamdulillah saya menjadi bagian dari lembaga pengawasan Pemilu. Tentunya semua ini setelah melalui proses yang cukup panjang serta tahapan seleksi yang cukup berat. Kendati demikian, semua prose itu bisa dijalani dengan baik dan lancar,” paparnya kepada memoindonesia.com, Kamis (16/8).

Baca Juga : Bupati Amin Apresiasi Bendera Panjang Buah Karya Siswa MAN Bondowoso

Hasyim berharap proses penyelenggaran Pileg dan Pilpres 2019 yang akan berlangsung di Bondowoso berjalan dengan demokratis.

“Tentu kami akan berupaya untuk membangun demokrasi yang jujur, adil dan berintegritas dalam pengawalan pemilihan umum yang Sudah dekat. Kami akan langsung bekerja cepat setelah di Lantik untuk menyesuaikan tahapan yang sudah berjalan,”

Selain akan melakukan pengawasan Pemilu, Ia juga akan mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan partisipasinya dalam menciptakan pesta demokrasi yang kondusif, agar proses pesta demokrasi dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat.

“Pada prinsipnya kita terus mengajak kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasinya dalam mensukseskan Pileg dan Pilpres. Serta meningkatkan pengawasan penyelenggaraan Pemilu,” ungkapnya.

Selanjutnya, mereka akan segera melakukan rapat pleno pembagian devisi.

“Insya Allah besok Jumat langsung bekerja, berkoordinasi dengan Sekretariatan dan pembagian devisi,” tutup Hasyim. (abr)