Share

JEMBER – Sejak diterbitkannya Perda Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-hak Penyandang Disabilitas, semua instansi yang berhubungan dengan pelayanan publik  diharapkan mampu menyediakan layanan yang ramah bagi kaum difable.

Kasat Lantas Polres Jember, AKP Nopta Histaris Suzan, menerangkan sesuai dengan amanat Perda tersebut, pihaknya memberikan pelayananan lebih bagi kaum difable. Lebih dari itu mereka memang membutuhkan perhatian khusus.

“Untuk fasilitas, sengaja disediakan kursi roda dan ruang tunggu khusus, dan juga tempat ujian praktik yang didesain sesuai kebutuhan penyandang disabilitas,” ucap Nopta saat di wawancarai awak media, Senin (28/08).

 

Baca Juga : HKPD Minta Pemerintah Serius Fasilitasi Kaum Difabel

 

Nopta menambahkan, untuk ujian praktik, selain disiapkan track khusus yang dibuat lebih mudah dari peserta umum,  kaum difable juga diperkenankan membawa kendaraan sendiri.

“Disesuaikan dengan kondisi fisik yang bersangkutan pada saat melaksanakan ujian,” imbuhnya.

Setiap hari ada satu petugas piket yang bertugas untuk melayani pemohom SIM dari kaum difable. Petugas khusus ini memberikan pendampingan mulai saat pendaftaran, ujian teori, hingga ujian praktek. (mam)