BONDOWOSO – Badan usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan mampu memperluas jaringan atau kerjasama dengan pihak ketiga dalam memperkenalkan potensi Desanya. Dengan begitu, Bumdes akan maju dan berkontribusi terhadap pembangunan desa.

 

Hal itu disampaikan Miftahul Huda, Direktur BUMDes Karang Anyar dalam Forum Bumdes di kantor BNI Bondowoso, Senin (20/3/2017. Menurutnya, sebuah potensi desa tidak akan ada artinya tanpa adanya jaringan.

 

“BUMDes itu yang paling penting adalah mampu menciptakan lapangan kerja melalui ekonomi-ekonomi kreatif. Dan ekonomi kreatif ini bisa semakin berkembang melalui adanya jaringan,” paparnya.

 

Di hadapan puluhan Direktur BUMdes, Miftah, juga kembali mengingatkan bahwa BUMDes, sebagai pioner pembangunan desa harus terus melakukan revolusi. Sehingga  desanya mampu berkembang dan masyarakatnya bisa sejahtera.

 

Sementara itu, Pendamping BUMDes Provinsi untuk Wilayah Kabupaten Bondowoso Moch Hasyim, mengatakan bahwa saat ini BUMdes memerlukan bantuan dari pihak ketiga dalam mengembangkan usahanya. Mengingat dana yang dialokasi oleh desa sangat minim. Untuk itulah, kreatvitas BUMDes dalam menjaring kerjasama dengan pihak ketiga sangat penting.

 

Melalui kegiatan Sosialisasi ini, dirinya berharapa agar tercipta semangat baru dari Bumdes di Bondowoso dan muncul gairah dalam mengembangkan kesejahteraan masyarakat desa.

 

Di lokasi yang sama, Kepala BNI Bondowoso Prihanti Budi Widodo berharap melalui kegiatan ini bisa menigkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya lewat BUMdes. (och/esb)