BONDOWOSO – Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Bondowoso melalui unit Dikyasa melakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas tahun 2017 dengan pembagian leaflet kepada pengunjung car free day yang salah satunya club sepeda di Alun-alun Ki Ronggo Bondowoso, Minggu (30/7) tadi pagi.

Untuk mendukung kegiatan kampanye Tahun Keselamatan 2017, Satlantas Polres Bondowoso memberikan imbauan dalam bentuk pemasangan spanduk dan baliho. Selain itu, juga melalui media cetak dan elektronik yaitu koran dan radio.

“Kampanye ini berfungsi mengajak masyarakat untuk tidak melakukan pelanggaran lalu lintas, serta untuk menekan angka kecelakaan,” ujar Kanit Dikyasa, Iptu Sidomukti, SH kepada Memo Indonesia tadi pagi.

Adapun isi pesan yang tertulis di baliho dan spanduk tersebut, lanjut Sidomukti, yaitu “Stop Pelanggaran. Stop Kecelakaan. Keselamatan Untuk Kemanusiaan”.

“Pemasangan baliho tersebut guna menindaklanjuti arahan dari Kakorlantas Polri. Dimana tahun 2017 ini dicanangkan sebagai Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan,” sambungnya.

Sidomukti menjelaskan, pemasangan baliho dan spanduk keselamatan sebagai upaya pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Baliho dan spanduk keselamatan tersebut dipasang dibeberapa titik yang dianggap strategis dan dapat terlihat oleh pengguna kendaraan.

“Saya berharap semoga upaya yang dilakukan oleh Sat Lantas Polres Bondowoso ini dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan di wilayah hukum Polres Bondowoso,” tambahnya.

Penyebab kecelakaan disamping faktor kendaraan, jalan dan alam ataupun cuaca, juga manusialah yang merupakan penyebab dominan.

“Saya berharap agar pengendara selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan di jalan raya. Sebab kalau tidak berhati-hati bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalulintas,” pungkasnya dengan penuh harap. (ron)